Comscore Tracker

Cedera, Anthony Ginting Akan Tetap Tanding Pada Laga Individual  

Ginting alami kram otot dan dehidrasi

Jakarta, IDN Times - Laga Individual cabang olahraga bulu tangkis Asian Games 2018 akan dimulai pada Kamis (23/8) di Istora Senayan. Putra-putra terbaik bangsa akan kembali bertanding melawan kontingen negara lainnya. 

Pada laga final regu putra bulutangkis Asian Games 2018 melawan China, salah satu pebulu tangkis tunggal Indonesia, Anthony Ginting alami cedera. Saat alami cedera Anthony bahkan memutuskan untuk menyerah ketika kedudukan 20-21 untuk China.

Kondisi ini membuat Anthony harus langsung dilarikan ke ruang medis usai pertandingan. Istora Senayan sempat sunyi karena pendukung Indonesia ikut terkejut atas cedera yang menimpa Anthony Ginting.

1. Sekjen PBSI beberkan kondisi Anthony

Cedera, Anthony Ginting Akan Tetap Tanding Pada Laga Individual  (Anthony Ginting meminta izin ke wasit) Screen shot Indosiar

Sekjen Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI), Ahmad Budiarto membeberkan kondisi Anthony Ginting pasca cedera. Ditemui usai pertandingan di partai ketiga, Ahmad Budiarto sampaikan tak ada cedera cedera otot pada Anthony.

"Dibilang parah ya memang parah. Kramnya sudah cukup kronis dan dia (Anthony) dehidrasi," kata Ahmad menjelaskan. "Tidak ada otot yang cedera," tambahnya menegaskan.

Saat konferensi pers, Ahmad menjelaskan kondisi Anthony Ginting sudah membaik. "Alhamdullilah kondisi sekarang cukup membaik. Sudah bisa berjalan lagi," kata Ahmad. Saat ceremony penyerahan medali, Ginting, begitu Anthony Ginting kerap disapa pendukungnya, sudah tampak dapat berjalan dan mengikuti seremoni dengan baik.

Baca Juga: FOTO: Momen Mengharukan Perjuangan Anthony Ginting di Babak Final

2. Akan bertanding untuk laga Individual

Cedera, Anthony Ginting Akan Tetap Tanding Pada Laga Individual  (Anthony Ginting bertumpu ke raketnya) Screen Shot Indosiar

Tidak ada pernyataan dari Ahmad bahwa Anthony tak dapat bermain di laga individual nantinya. "Besok belum turun main, ada waktu untuk pemulihan kondisinya sehingga Jumat bisa bermain," kata Ahmad.

Sekjen PBSI ini juga menegaskan bahwa seluruh pemain Indonesia telah dipersiapkan secara fisik, teknik dan mental untuk menghadapi permainan panjang. Perihal pemulihan, Ahmad menyatakan seluruhnya akan diserahkan kepada fisioterapis.

3. Ini pesan Jokowi untuk Anthony Ginting

Cedera, Anthony Ginting Akan Tetap Tanding Pada Laga Individual  instagram/jokowi

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Widodo hadiri final bulu tangkis beregu putra Asian Games 2018. Meski tak menonton hingga pertandingan usai, keduanya menyempatkan hadir mendukung atlet-atlet kebanggaan Indonesia.

Mengetahui Anthony Ginting alami cedera, Jokowi langsung menuju ruang medis untuk temui Anthony. "Jokowi memberikan rasa simpati dan menenangkan Ginting," kata Ahmad.

"Memesankan harus jaga kondisi. Agar Anthony Ginting jangan memaksakan diri," kata Ahmad menirukan pesan Jokowi untuk Anthony. Dalam akun Instagram resminya, Jokowi menuliskan "Meski kalah, ia (Anthony) telah memberikan yang terbaik untuk Indonesia."

4. Sempat jadi trending topic twitter

Cedera, Anthony Ginting Akan Tetap Tanding Pada Laga Individual  (Anthony Ginting ditandu keluar) Screen shot Indosiar

Cedera yang dialami Anthony di tengah lapangan sempat menjadi trending topic Indonesia dan Worldwide di Twitter. Banyak pihak memberikan dukungan dan penghormatan untuk Anthony.

Rival Anthony asal China, Yuqi Shi juga menjadi sorotan netizen. Banyak pihak mengaku salut dan menghormati etika Yuqi yang tidak protes ketika tim medis menangani Anthony dengan durasi waktu yang cukup lama. Yuqi juga tampak melambatkan permainan sehingga tak terlalu menghajar Anthony. Usai pertandingan, alih-alih melakukan selebrasi kemenangan, Yuqi justru segera menghampiri Anthony yang rebah menyerah di samping lapangan untuk melihat kondisinya.

Baca Juga: Perjuangan Ginting Melawan Shi Yuqi Jadi Trending Topic Twitter  

Topic:

  • Margith Juita Damanik
  • Sugeng Wahyudi

Just For You