Dari Papua ke Kudus Demi Mimpi Mengikuti Jejak Susy Susanti

Datang ke Kudus demi bisa jadi pebulu tangkis

Kudus, IDN Times - Bulu tangkis bisa dibilang merupakan olahraga rakyat Indonesia. Ketenaran para atletnya meluas dari Aceh hingga Papua. Namun, masih sulit menemukan pebulu tangkis tanah air yang masuk Pelatnas PBSI.

Hal itu coba didobrak oleh atlet belia bernama Margareta Lusia Shara Rumabar. Datang jauh-jauh dari Papua, dia memiliki mimpi besar menjadi atlet bulu tangkis dunia.

Bersama lima rekannya yang lain, Shara, sapaan Margareta, pergi ke Kudus mengadu nasib untuk mengikuti Audisi Umum PB Djarum 2022.

Shara terbilang nihil pengalaman jika dibandingkan peserta lainnya. Namun, itu tidak membendung mimpi besarnya. Selama menjalani audisi, Shara tampi begitu lincah di depan idolanya, Susy Susanti.

"Mau jadi seperti Susy Susanti," kata Shara ditemui di GOR Djarum Jati, Kudus, Kamis (20/10/2022).

1. Datang ke Kudus tanpa orang tua

Dari Papua ke Kudus Demi Mimpi Mengikuti Jejak Susy SusantiPeserta Audisi Umum PB Djarum 2022 asal Papua, Margareta Lusia Shara Rumabar (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Shara memulai kecintaannya pada bulu tangkis sejak usia dini. Berawal dari bermain bersama teman, Shara kini tergabung dalam PB Cendrawasih di Papua.

Dia merupakan bungsu dari empat bersaudara yang berasal dari daerah Dok 2, Jayapura, Papua.

Mengadu nasib bersama ribuan peserta Audisi Umum PB Djarum 2022, Shara jauh-jauh ke Kudus hanya dengan didampingi pelatih dan lima rekannya. Kondisi itu berbeda dengan beberapa kontestan lain yang ditemani keluarganya.

Baca Juga: Ketika Adik Siti Fadia Coba Membangun Mimpi di Audisi Umum Djarum 2022

2. Bermimpi jadi seperti Susy Susanti

Dari Papua ke Kudus Demi Mimpi Mengikuti Jejak Susy SusantiSusy Susanti (olympics.bwfbadminton.com)

Untuk anak seusia Shara, mungkin deretan pemain muda seperti Apriyani Rahayu atau Gregoria Mariska Tunjung lebih familiar di telinga dan kerap menjadi idola. Hal itu tidak berlaku untuk Shara.

Dia justru mengidolakan perempuan yang pernah mengharumkan nama bangsa di Olimpiade 1992. Sejarah yang ditorehkannya di sektor tunggal putri itu, membuat Shara punya ambisi besar bisa menyamainya.  

"Tekniknya bagus. Dia menang emas Olimpiade," kata Shara ditanya alasannya mengidolakan Susy.

Shara lolos hingga tahap screening kedua Audisi Umum PB Djarum 2022. Tampil lepas, dia tak menduga ada Susy Susanti yang menyaksikan langsung saat dirinya unjuk kebolehan.

Sebagaimana diketahui, Susy tergabung dalam tim pencari bakat Audisi Umum PB Djarum 2022.

"Tidak sangka (ada Susy). Tadi agak deg-degan. Tapi senang bisa lolos sampai sini," kata Shara.

3. Ingin menembus pelatnas PBSI

Dari Papua ke Kudus Demi Mimpi Mengikuti Jejak Susy SusantiIlustrasi Bulu Tangkis (Instagram.com/bwf.official)

Di usianya yang belia, Shara sudah membulatkan tekadnya menjadi pebulu tangkis. Harapannya, bisa menimba ilmu sebanyak mungkin agar mumpuni jadi salah satu penghuni Pelatnas PBSI Cipayung suatu saat nanti.

"Mau belajar di sini (PB Djarum) supaya nanti bisa masuk Pelatnas," kata Shara.

Menurut Amalia, wali Shara, anak asuhnya punya bakat di bidang bulu tangkis. Hanya saja, para pemain dari Papua ini sulit merasakan turnamen dan pertandingan bulu tangkis secara langsung lantaran akses yang kecil. 

"Pelatihnya bilang Shara bisa jadi bagus kalau difasilitasi. jadi saya bawa ke sini," kata Amalia.

Tak muluk-muluk berharap langsung lolos Audisi Umum PB Djarum 2022, Amalia berharap Shara bisa memetik pelajaran penting untuk jadi bekalnya memoles diri menggapai impiannya.

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya