Comscore Tracker

DPR terima Surpres Naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh

Jordi dan Sandy segera berseragam Timnas Indonesia

Jakarta, IDN Times - DPR RI menerima Surat Presiden (Surpres) perihal permohonan pertimbangan pemberian kewarganegaraan Republik Indonesia untuk dua calon pemain Timnas Indonesia. Mereka adalah Jordi Amat dan Sandy Walsh.

Keduanya merupakan pesepak bola yang mendapat rekomendasi dari pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong untuk dinaturalisasi.

Surpres itu sendiri dibacakan dalam sidang paripurna DPR RI, Kamis (30/6/2022).

Nomor surat R26 tanggal 17 Juni 2022 perihal permohonan pertimbangan pemberian kewarganegaraan republik Indonesia atas nama saudara Jordi Amat Maas. Nomor R27 tanggal 17 Juni perihal permohonan pertimbangan pemberian kewarganegaraan republik indonesia atas saudara Sandy Walsh," ujar Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad.

1. Tidak ada kendala yang berarti

DPR terima Surpres Naturalisasi Jordi Amat dan Sandy WalshJordi Amat, calon pemain Timnas Indonesia (IDN Times/Sandy Firdaus)

Melansir dari laman resmi PSSI, Jordi dan Sandy mengaku tak ada kendala berarti saat menjalani proses naturalisasi pada Mei 2022 lalu. Keduanya juga memanfaatkan waktu untuk melihat Indonesia lebih dekat.

“Tidak ada kendala yang berarti selama kami berada di sini. Semua orang membantu kami dan sangat ramah setiap harinya. Saya harap saya bisa segera kembali lagi ke Indonesia dengan kabar baik” ujar Jordi dikutip laman resmi PSSI.

Baca Juga: Saddil Ramdani Dukung Jordi Amat Gabung Johor Darul Ta'zim

2. Batal tampil di kualifikasi Piala Asia

DPR terima Surpres Naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walshpotret Sandy Walsh (instagram.com/sandywalsh)

Jordi Amat dan Sandy Walsh yang sebelumnya diproyeksikan tampil di babak Kualifikasi Piala Asia 2023, gagal tampil lantaran proses naturalisasinya masih belum rampung. Alhasil, mereka pun harus gigit jadi walau sudah mengikuti pemusatan latihan (TC) sebelumnya. 

"Karena setelah selesai untuk administrasi kan masih ada perubahan asosiasi, dari Spanyol ke Belanda mudah-mudahan. Jadi untuk yang Pra Piala Asia tidak memungkinkan karena kita masih menunggu," ujar Yunus beberapa waktu lalu.

Namun demikian, mereka bisa dipastikan memperkuat Timnas Indonesia di Piala Asia 2023. Sebab, mereka bakal diambil sumpah untuk mengganti kewarganegaraan jauh sebelum ajang itu digelar.

3. Jordi main di Liga Malaysia dan Sandy tetap di Liga Belgia

DPR terima Surpres Naturalisasi Jordi Amat dan Sandy WalshJordi Amat dan Sandy Walsh. (pssi.org)

Jordi kini membela klub kaya asal Malaysia, Johor Darul Ta'zim. Lewat akun instagram resmi klub, @officialjohor, Jordi diumumkan sebagai pemain JDT. Meski statusnya belum jadi warga negara Indonesia (WNI), JDT tetap merekrut Jordi karena tak mau kecolongan.

Sementara itu, Sandy Walsh kini bermain untuk klub Belgia, KV Mechelen. Sandy sudah lama memimpikan dapat berseragam timnas dan memperkuat skuad Garuda, yang notabene merupakan tempat kelahiran leluhurnya.

Baca Juga: Kesan Buat Jordi Amat dan Sandy Walsh dari Timnas Indonesia

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya