Duh! 7 Bintang Top Ini Absen di Piala Thomas dan Uber 2020

Thomas dan Uber Cup tidak bertabur bintang

Jakarta, IDN Times - Turnamen Piala Thomas dan Uber 2020 sepertinya tak akan bertabur bintang. Sebab sejumlah pemain kelas dunia memilih mundur dari turnamen beregu ini karena satu dan lain hal.

FYI, Piala Thomas dan Uber 2020 akan berlangsung di Aarhus, Denmark, 3-11 Oktober mendatang. Berikut daftar 7 bintang top bulu tangkis dunia yang dikabarkan akan absen memperkuat timnas negaranya:

1. PV Sindhu

Duh! 7 Bintang Top Ini Absen di Piala Thomas dan Uber 2020Pusarla V. Sindhu saat berlaga di Indonesia Masters 2020 (IDN Times/Kevin Handoko)

Atlet bulu tangkis andalan India dari sektor tunggal putri, Pusarla Venkata Sindhu, memutuskan mundur dari skuat timnas India untuk Piala Uber 2020. Alasan personal disebut menjadi dasar peraih medali perak Olimpiade Rio de Janeiro 2016 ini mundur dari tim.

Lewat akun Twitter Badminton Association of India (@BAI_Media), 26 nama atlet bulu tangkis India terpilih masuk dalam camp persiapan piala Thomas dan Uber. India disebut bakal melakukan seleksi pemain. Tak tampak nama PV Sindhu dalam daftar tersebut.

Baca Juga: Baca Peluang Piala Thomas dan Uber, Ini Kata Hariyanto Arbi

2. Chou Tien Chen

Duh! 7 Bintang Top Ini Absen di Piala Thomas dan Uber 2020Chou Tien Chen gugur di babak pertama Indonesia Masters 2020 (IDN Times/Kevin Handoko)

Peringkat dua tunggal putra dunia asal Taiwan, Chou Tien Chen, dipastikan tak akan membela timnas Taiwan dalam ajang Piala Thomas 2020. Tak hanya Chou Tien Chen yang mundur, namun Taiwan menyatakan tidak akan mengirimkan wakilnya untuk berlaga di ajang tersebut.

Keputusan Taiwan ini diambil lantaran masih merasa belum tenang dengan situasi pandemik COVID-19 yang masih mewabah secara global. Ajang Piala Thomas dan Uber 2020 memang menjadi kejuaraan bulu tangkis pertama setelah seluruh kejuaraan bulu tangkis dihentikan sementara imbas pandemik.

3. Ratchanok Intanon

Duh! 7 Bintang Top Ini Absen di Piala Thomas dan Uber 2020Tunggal putri Thailand, Ratchanok Intanon berlaga di Indonesia Masters 2020 (IDN Times/Kevin Handoko)

Bintang bulu tangkis dunia lainnya yang juga tak akan turun berlaga di ajang Piala Thomas dan Uber 2020 adalah Ratchanok Intanon. Atlet asal Thailand ini menempati peringkat kelima dunia di sektor tunggal putri.

Seperti diketahui, turnamen Piala Thomas dan Uber 2020 berlangsung di tengah pandemik COVID-19. Federasi Bulu Tangkis Thailand memilih untuk mengutamakan kesehatan dan keselamatan para pemainnya dan menarik mundur seluruh skuat Thailand dari ajang ini.

Tak hanya tim Uber 2020, Thailand juga memastikan tim piala Thomas 2020 mereka tidak akan turun berlaga di Denmark.

4. Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty

Duh! 7 Bintang Top Ini Absen di Piala Thomas dan Uber 2020Satwiksairaj Rankireddy di turnamen Indonesia Masters 2020 (IDN Times/Kevin Handoko)

Piala Thomas 2020 akan semakin sepi bintang setelah pasangan muda India, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty, dikabarkan akan absen dari perhelatan ini.

Melansir dari kanal olympicchannel.com, Satwiksairaj Rankireddy diketahui terdiagnoas konfirmasi COVID-19 sejak 27 Agustus 2020 lalu. Dia lantas menjalani karantina mandiri selama beberapa pekan terakhir.

Hal ini menjadi alasan utama pasangan top ganda putra India ini menarik diri dari skuat India untuk Piala Thomas 2020.

5. Tai Tzu Ying

Duh! 7 Bintang Top Ini Absen di Piala Thomas dan Uber 2020focustaiwan.tw

Tak hanya skuat Piala Thomas 2020, Taiwan juga dipastikan menarik mundur skuat Piala Uber 2020 mereka dari ajang beregu tersebut. Ini artinya, tunggal putri peringkat satu dunia, Tai Tzu Ying, juga dipastikkan tidak akan berlaga.

Absennya timnas Taiwan tentu membuka peluang bagi timnas lainnya untuk memperebutkan gelar juara dan membawa pulang piala Thomas dan Uber 2020 ke negara masing-masing.

6. Goh V Shem/Tan Wee Kiong

Duh! 7 Bintang Top Ini Absen di Piala Thomas dan Uber 2020bwfworldtour.bwfbadminton.com

Timnas Malaysia mencampurkan pemain muda dan pemain senior dalam skuat timnas untuk Piala Thomas dan Uber 2020. Kali ini, Malaysia tidak akan membawa Goh V Shem/Tan Wee Kiong ikut berlaga.

Menjadi salah satu ganda putra andalan Malaysia, nama Goh/Tan ternyata tak masuk dalam skuat Malaysia untuk Piala Thomas 2020. Mereka disebut menolak panggilan dari Asosisasi Bulu tangkis Malaysia (BAM).

7. Daechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai

Duh! 7 Bintang Top Ini Absen di Piala Thomas dan Uber 2020instagram.com/bwf.official

Mundurnya seluruh skuat Thailand dari ajang Piala Thomas dan Piala Uber 2020 juga memastikan bintang bulu tangkis Thailand, pasangan Daechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai, tak akan berlaga.

Keduanya bahkan dikabarkan juga tak akan mengikuti turnamen Denmark Open 2020 dan Denmark Masters 2020. Tim Thailand disebut masih merasa tidak nyaman terlebih dengan kemungkinan mereka harus melakukan isolasi selama 14 hari sebelum berlaga imbas pandemik COVID-19.

Baca Juga: Gelar Simulasi Piala Thomas dan Uber, Ini Daftar Skuat Indonesia

Topik:

  • Margith Juita Damanik
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya