Mantap! Edgar Marvelo Raih Medali Emas di The World Games 2022

Edgar dan Harris harumkan Indonesia lewat olahraga wushu

Jakarta, IDN Times - Kabar baik datang dari cabang olahraga wushu Indonesia. Edgar Xavier Marvelo mampu menggondol medali emas dari ajang The World Games 2022.

Bertanding di Birmingham Southern Court, Alabama, Amerika Serikat, yang berlangsung pada Rabu (13/7/2022) waktu setempat, Edgar jadi yang terbaik di nomor Taolu Changquan Putra. 

Edgar berhasil mengeluarkan kemampuan terbaiknya saat mentas di nomor Taolu Chanquan. Alhasil, dia meraih total skor 9.533. Hal itu membuatnya berada di peringkat pertama.

1. Edgar jadi yang terbaik di kelasnya

Mantap! Edgar Marvelo Raih Medali Emas di The World Games 2022Edgar Xavier Marvelo memenangkan medali emas dari The World Games 2022 (Instagram.com/edgarmarvelo)

Perolehan poin Edgar lebih baik dari wakil Korea Selatan, Lee Hasung, yang mengoleksi 9.503 poin. Alhasil, dia harus puas di peringkat dua. Lalu, ada wakil Ukraina, Roman Reva (9.253) dan Alex Ni asal Amerika Serikat (9.013) yang bertengger di belakang Lee. 

Manajer Tim Wushu Indonesia, Iwan Kwok menyebut Edgar bermain sempurna di World Games 2022. Tak hanya mempertahankan gelar juara, dia dinilai, kembali mendapat pengakuan dunia atas capaiannya.

"Perolehan prestasi Edgar kali ini sebagai pengganti medali emas yang hilang di SEA Games 2021 Vietnam karena permainan yang kurang sempurna. Di World Games, Edgar bermain sangat mulus dan sempurna," ujar Iwan dikutip keterangan resminya.

Baca Juga: Cocok Jadi Aktor, 9 Potret Edgar Marvelo Atlet Wushu yang Manly Abis

2. Kata Edgar soal kemenangannya

Mantap! Edgar Marvelo Raih Medali Emas di The World Games 2022Edgar Xavier Marvelo memenangkan medali emas dari The World Games 2022 (Instagram.com/edgarmarvelo)

Edgar sendiri telah mengungkapkan proses perjalanannya hingga memenangkan medali emas dari The World Games 2022. Menurut dia, perjalanan yang dilaluinya jauh dari kata mudah.

"Banyak sekali ujian untuk sampai di sini, tetapi semua berhasil dilewati karena kerja sama dan support dari semuanya. I promise next competition will be better again," kata Edgar di akun Instagramnya (@edgarmarvelo).

3. Wakil Indonesia kantongi medali perak

Mantap! Edgar Marvelo Raih Medali Emas di The World Games 2022Atlet Wushu putra Indonesia, Harris Horatius dan Edgar Xavier Marvelo (Instagram.com/iwuf_official)

Keberhasilan Edgar dipermanis dengan capaian rekan senegaranya, Harris Horatius. Turun di nomor pertandingan Nangun Nanquan putra, dia mampu membawa pulang medali perak ke tanah air.

Harris mengantongi 9.510 poin di urutan kedua. Catatan poin itu hanya kalah 55 angka saja dari atlet asal China, Zhongxin Liu di ranking satu yang  meraih total 9.567 poin.

Posisi ketiga ditempati wakil Taiwan, Po-Wei Lai (9.503 poin) dan posisi keempat ditempati wakil Vietnam, Quoc Khanh Pham (9.477 poin).

Baca Juga: Edgar Marvelo, si Jago Wushu Peraih Emas di SEA GAMES 2019

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya