Comscore Tracker

FPTI Targetkan Lead Mentas di Olimpiade 2028

Speed ditargetkan dapat emas di Paris 2024

Jakarta, IDN Times - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) tengah fokus mengembangkan atlet di nomor lead. Langkah ini diambil demi pemerataan kualitas di segala sektor panjat tebing Indonesia.

Memang, FPTI punya target khusus terhadap nomor lead. Setidaknya, pada Olimpiade 2028 nanti, Indonesia memiliki pemanjat yang tampil di nomor lead. Sebab, selama ini Indonesia hanya dikenal kuat dan cepat dari nomor speed. Pun, pada Olimpiade Paris 2024, nomor speed menjadi andalan dan diharapkan bisa membawa Pasukan Garuda meraih medali emas.

1. Berharap ada yang tampil di Los Angeles

FPTI Targetkan Lead Mentas di Olimpiade 2028Piala Dunia Panjat Tebing 2022 seri Jakarta berlangsung di kawasan SCBD, Jakarta (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Ketua Umum FPTI, Yenny Wahid, mengakui kalau kualitas atlet Indonesia di nomor lead masih tertinggal. Namun, Yenny yakin Indonesia bisa mengejarnya. Modalnya cukup bagus, karena saat ini Indonesia ada di peringkat 27 dunia dalam kategori lead.

"Kami memang masih agak jauh. Tapi, target kami, terutama untuk lead, di Olimpiade LA 2028," ujar Yenny saat ditemui usai pembukaan Piala Dunia Panjat Tebing 2022, Sabtu (24/9/2022).

Baca Juga: Veddriq Leonardo Jadi yang Terbaik di Kualifikasi IFSC World Cup

2. Beda cerita dengan speed

FPTI Targetkan Lead Mentas di Olimpiade 2028Para pemanjat Indonesia di IFSC World Cup 2022 (IDN Times / Tata Firza)

Beda cerita lagi dengan kategori speed. Presiden Joko "Jokowi" Widodo bahkan sudah meminta langsung kepada Yenny agar kategori speed bisa menyumbang medali emas untuk Merah-Putih.

Wajar saja, karena selama ini Indonesia begitu kuat dan disegani di nomor speed. Berbagai prestasi sudah diraih Indonesia dari nomor ini. Bahkan, dua pemanjat Indonesia, Veddriq Leonadro dan Kiromal Katibin, menguasai dunia dengan menempati posisi pertama serta kedua.

3. Speed andalan di Piala Dunia

FPTI Targetkan Lead Mentas di Olimpiade 2028Para pemanjat Indonesia di IFSC World Cup 2022 (IDN Times / Tata Firza)

Tak cuma di Olimpiade Paris 2024, speed juga menjadi andalan bagi tim Indonesia di Piala Dunia Panjat Tebing 2022 (IFSC World Cup). Karena seri Jakarta menjadi rangkatan terakhir, FPTI pun memasang target tinggi.

Yenny berharap speed mampu jadi lumbung emas buat Indonesia. Minimal, menurut Yenny, Indonesia masuk tiga besar di nomor ini.

"Speed, target kami pasti emas, minimal tiga besar. Tapi, yang utama emas. Namun, untuk lead, kami ingin menaikkan peringkat saja," ujar Yenny.

Baca Juga: 5 Pemanjat Putri Tembus 16 Besar IFSC World Cup 2022

Topic:

  • Margith Juita Damanik
  • Rendra Saputra
  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya