Ginting dan Jojo di Mata Alan Budikusuma

Ginting dan Jojo berpeluang masuk 5 besar pemain dunia

Kudus, IDN Times - Dua tunggal putra bulutangkis terbaik Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie diturunkan dalam turnamen Denmark Open 2018. Namun langkah keduanya terhenti dengan cepat. Ginting, begitu Anthony akrab disapa, harus gugur dalam babak pertama usai melawan pebulu tangkis terbaik dunia asal Jepang, Kento Momota.

Melihat konsistensi dan prestasi Ginting dan juga Jojo, sapaan akrab Jonatan, mantan tunggal putra kebanggaan Indonesia, Alan Budikusuma memiliki pandangan tersendiri. 

“Kedua pemain tersebut (Ginting dan Jojo) saat ini sudah baik,” kata Alan ditemui di Alun-Alun Kota Kudus, Jawa Tengah, Sabtu (20/10).

Baca Juga: Denmark Open 2018: Jonatan Christie Melaju, Anthony Ginting Tersingkir

1. Alan memaklumi Ginting dan Jojo belum stabil berprestasi

Ginting dan Jojo di Mata Alan BudikusumaInstagram.com/sinisukanthony

Alan memaklumi kondisi Ginting dan Jojo yang prestasinya belum stabil. Menurut dia wajar untuk atlet yang baru naik daun, kendati keduanya sudah memperlihatkan peningkatan dan tergolong baik.

“Peningkatannya sudah terlihat. Tapi butuh konsistensi, kestabilan,” kata Alan. 

2. Beda Ginting dan Jojo di mata Alan

Ginting dan Jojo di Mata Alan Budikusumabadmintonindonesia.org

Menurut Alan, pola gaya permainan Ginting lebih agresif ketimbang Jojo dan sering melakukan serangan-serangan luar biasa.

“Ginting lebih agresif," kata dia.

 “Kalau Jonatan itu lebih rapi permainannya, jarang melakukan kesalahan-kesalahan,” Alan melanjutkan.

Kerap melakukan kesalahan sendiri, kata Alan, menjadi kekurangan Ginting. Sedangkan, Jojo dirasa kurang dapat memberikan serangan secara agresif kepada lawan.

3. Optimis Ginting dan Jojo masuk 5 dan 10 besar

Ginting dan Jojo di Mata Alan Budikusumainstagram.com/jonatanchristieofficial

Kini, Ginting oleh Badminton World Federation (BWF) tercatat dalam daftar delapan besar pemain terbaik dunia. Melihat hal tersebut, Alan justru optimis Ginting bisa menduduki peringkat kelima besar dunia pada 2019.

“Sebentar lagi pasti masuk,” kata Alan. 

Alan optimis Ginting masuk lima besar karena dua pemain unggulan dunia Lin Dan tak lama lagi kemungkinan akan pensiun. Juga Lee Chong Wei yang hingga kini belum ada kejelasan akan terus bermain atau tidak di dunia bulu tangkis dunia.

Selain itu, menurut Alan, peringkat di bawah Ginting juga tergolong jauh jaraknya. “Jadi saya rasa tahun depan pasti masuk lima dunia,” kata Alan. “Dan Jonatan bisa masuk 10 dunia,” dia menambahkan.

4. Berharap tunggal putra lebih konsisten

Ginting dan Jojo di Mata Alan BudikusumaInstagram.com/sinisukanthony

Melihat prestasi dua tunggal putra yang semakin baik, Alan berharap, ubaik Ginting maupun Jojo, dapat menjaga konsistensi agar terus berprestasi.

Ingin cepat mengakhiri permainan dan kerap melakukan kesalahan, kata Alan, menjadi titik kelemahan Ginting dan Jojo. “Saya harapkan ke depannya bisa mereka atasi dengan baik. 

5. Alan: Ginting jauh lebih stabil

Ginting dan Jojo di Mata Alan BudikusumaInstagram.com/sinisukanthony

Jika harus membandingkan antara Jojo dan Ginting, menurut Alan, Ginting masih jauh lebih stabil ketimbang Jojo. 

“Ginting saya nilai jauh lebih baik kestabilannya,” kata dia.

Bahkan, menurut Alan, Ginting memiliki kemampuan 50:50 dibandingkan pemain terbaik dunia asal Jepang, Kento Momota. 

“Walaupun kalah tapi dia melawan nomor satu dunia, yang notabene mereka saling mengalahkan. Saya harap Prancis Open nanti bisa dikalahkan,” kata Alan.

Baca Juga: Jojo-Ginting-Ihsan Persembahkan Emas Sebelum Berlaga ke Korea Open

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya