Gubernur Bali Tolak Israel Lagi, Menpora Dito Ariotedjo Lakukan Ini 

Pertemuan diagendakan minggu ini

Jakarta, IDN Times - Jagat maya kembali dihebohkan pernyataan Gubernur Bali, I Wayan Koster, yang kembali menolak kehadiran atlet Israel di pulau Dewata. Kali ini, dia tak mau ada atlet dari negara tersebut bertanding di di ANOC World Beach Games (AWBG) 2023.

Terkait hal ini, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo, bakal segera bertemu dengan Wayan Koster membahas masalah tersebut.

Wayan Koster sebelumnya juga menolak keras Timnas Israel U-20 untuk bertanding dalam ajang Piala Dunia U-20 2023 di Bali. Kemudian, FIFA membatalkan status tuan rumah Indonesia dan nama politisi PDI Perjuangan itu terseret lantaran dianggap jadi biang kegagalan.

Kini, Koster kembali melakukan hal serupa. Dia menolak jika atlet Israel datang ke Bali untuk mentas di AWBG 2023 yang dijadwalkan berlangsung pada 5-12 Agustus 2023. 

1. Menpora segera temui Wayan Koster

Gubernur Bali Tolak Israel Lagi, Menpora Dito Ariotedjo Lakukan Ini Menpora, Dito Ariotedjo (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Menepora berencana untuk bertemu dengan Gubernur Bali dalam waktu dekat. Ini dilakukan guna mencari titik terang dari persoalan  tersebut. Sehingga, ANOC World Beach Games 2023 bisa berlangsung lancar.

"(Pertemuan dengan Gubernur Bali) kita agendakan minggu ini. Minggu ini akan kita kejar," ujar Dito Ariotedjo pada Kamis (6/4/2023).

Sejauh ini, Dito menyebut jika solusi yang tengah diupayakan adalah melalui komunikasi yang lebih intensif dengan Gubernur Bali.

Baca Juga: KOI Belum Buka Opsi Ganti Tuan Rumah untuk AWBG 2023

2. Berupaya agar AWBG 2023 tetap berjalan

Gubernur Bali Tolak Israel Lagi, Menpora Dito Ariotedjo Lakukan Ini ANOC World Beach Games 2019. (anocolympic.org).

Di tengah dinamika yang terjadi, Menpora Dito berharap gelaran ANOC World Beach Games (AWBG) 2023 bisa tetap berjalan sesuai jadwal.

"Kita akan usahakan yang sudah dikomitmenkan sejak awal," ujar Dito.

Dia mengaku enggan berasumsi lebih jauh soal alasan Wayan Koster kembali menyatakan penolakan terhadap tim Israel untuk bertanding di Indonesia.

"Saya tidak mau berasumsi. Jadi saya pakai kaca mata pemerintahan, apa aturan dan kesepakatan yang ada," ujar Menpora.

3. I Wayan Koster tolak timnas Israel ke AWBG di Bali

Gubernur Bali Tolak Israel Lagi, Menpora Dito Ariotedjo Lakukan Ini Gubernur Bali Wayan Koster. (Dok.IDN Times/istimewa)

Konstitusi dan Peraturan Menteri Luar Negeri (Permenlu) Nomor 3 Tahun 2019 menjadi alasan kuat Gubernur Bali, Wayan Koster, menolak kontingen Israel berlaga di Indonesia, khususnya Provinsi Bali.

Ini menguatkan sikapnya yang menolak kehadiran Timnas Israel bermain di Bali dalam Piala Dunia U-20 2023 beberapa waktu lalu. Hingga Indonesia resmi dicabut sebagai tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia U-20.

"Saya tetap berpatokan pada konstitusi dan juga Permenlu No 3 Tahun 2019, yang melarang mengibarkan bendera dan lagu kebangsaan Israel sebagai suatu entitas di Indonesia," ujarnya Koster pada Rabu, 5 April 2023.

Baca Juga: Piala Dunia U-20 Batal, KOI Berharap ANOC World Beach Games 2023 Aman

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya