Gugur di Indonesia Masters 2019, Debby Pamit Gantung Raket

Terima kasih, Debby Susanto

Jakarta, IDN Times - Daihatsu Indonesia Masters 2019 yang digelar sejak Selasa pekan ini agaknya menjadi turnamen terakhir bagi Debby Susanto. Sebab, setelah menelan kekalahan melawan ganda campuran Jerman, Debby memutuskan untuk menggantung raket.

1. Debby 17 tahun berkecimpung di bulu tangkis

Gugur di Indonesia Masters 2019, Debby Pamit Gantung RaketInstagram.com/debbysusanto

Debby terjun ke dunia bulu tangkis Indoensia sejak 17 tahun lalu. "Lebih dari setengah usia saya, saya habiskan dan isi dengan bulu tangkis dengan membawa nama Susanto dan Indonesia," tulis Debby di akun instagramnya (@debbysusanto).

Pebulutangkis berusia 29 tahun ini sudah menyumbangkan banyak medali untuk Indonesia, seperti dua gelar juara, yakni All England 2016 dan Korea Terbuka 2017, serta dua emas SEA Games 2013 dan 2015, perunggu SEA Games 2011 dan Asian Games 2014.

Baca Juga: Asian Games 2018: Ricky/Debby Melaju ke Babak 16 Besar Bulu Tangkis

2. Pamitan "diam-diam"

Gugur di Indonesia Masters 2019, Debby Pamit Gantung RaketInstagram.com/debbysusanto

Sebelumnya atlet senior Liliyana Natsir juga telah memutuskan untuk pensiun setelah turnamen Indonesia Masters 2019. Namun perpisahan Debby tak seriuh Liliyana.

Debby berpamitan kepada dunia bulu tangkis Indonesia. Juga pada pendukung bulu tangkis yang hingga pertandingan terakhir Debby tak henti bersorak menyemangatinya. Diam-diam, Debby pamit.

3. Ingin fokus kepada kekuarga

Gugur di Indonesia Masters 2019, Debby Pamit Gantung RaketInstagram.com/debbysusanton

Debby mengatakan, setelah pensiun dirinya akan fokus mengurus keluarganya. "Sekarang mau fokus ke keluarga, untuk badminton sudah dulu," kata Debby dikutip dari instagram @badminton.ina.

Debby mengatakan ingin quality time dengan keluarga dan suaminya. Terlebih karena selama ini Debby jauh dari keluarga bahkan jarang pulang ketika sudah menikah.

Surat pengunduran diri Debby kabarnya akan diserahkan pada akhir Januari mendatang kepada Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI).

4. Salam perpisahan Debby di Instagram

Gugur di Indonesia Masters 2019, Debby Pamit Gantung RaketInstagram.com/debbysusanto

Debby menuliskan salam perpisahannya melalui akun Instagramnya (@debbysusanto). "Sekarang saatnya saya melepaskan genggaman raket yang selalu saya genggam erat, melepaskan pegangan raket yang telah membawa saya pada titik saya saat ini," tulis Debby.

Meninggalkan dunia bulu tangkis bukan kelutusan mudah bagi Debby. Ia juga menuturkan bahwa dirinya berusaha menikmati pertandingan terakhirnya di Istora. Ucapan terima kasih juga dituliskan Debby untuk pihak-pihak yang selama ini telah mendukungnya terutama keluarga, suami, dan pelatihnya, Richard.

"Terima kasih dan sampai jumpa," tulis Debby menutup salam perpisahannya..

5. Dipulangkan ganda campuran Jerman

Gugur di Indonesia Masters 2019, Debby Pamit Gantung RaketInstagram.com/debbysusanto

Debby dipasangkan dengan Ronald Alexander menjalani Indonesia Masters 2019. Di babak pertama, Ronald/Debby dihadapkan dengan pasangan asal Jerman, Mark Lamsfuss/Isabel Herttrich.

Mark/Isabel pulangkan Ronald/Debby dengan skor 21-15, 21-13. Debby harus menelan kekalahan di pertandingan terakhirnya.

Dilansir dari instagram badminton.ina, Debby mengaku hasil dari pertandingan ini tak sesuai ekspektasinya.  

Baca Juga: 5 Fakta Liliyana Natsir, Atlet Bulu Tangkis Kebanggaan Indonesia

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya