Comscore Tracker

Haornas Jadi Kickoff Desain Besar Olahraga Nasional

DBON diluncurkan bertepatan dengan Haornas ke-38

Jakarta, IDN Times - Menteri Pemuda dan olahraga (Menpora), Zainuddin Amali, menjelaskan pihaknya tengah menyiapkan kejutan dalam Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-38 yang akan diperingati pada Kamis (9/9/2021). Besok, Haornas akan memperkenalkan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang bakal menjadi blue print dalam pembinaan di Indonesia.

DBON memang digadang-gadang jadi salah satu andalan buat Indonesia dalam mengembangkan olahraga nasional

"Tema untuk peringatan Haornas yang ke-38 ini adalah DBON menuju Indonesia maju," ujar Zainuddin Amali dalam konferensi pers daring hari ini, Rabu (8/9/2021).

1. Alasan tema DBON dipilih untuk peringati Haornas ke-38

Haornas Jadi Kickoff Desain Besar Olahraga NasionalPebulutangkis ganda Putri Indonesia Greysia Pollii/Apriyani Rahayu mendapatkan medali emas di Olimpiade Tokyo 2020 pada Senin (2/8/2021). (dok. NOC Indonesia)

Zainudin menjelaskan, bukan tanpa alasan DBON dipilih menjadi tema besar Haornas ke-38 tahu ini. Sebab, Presiden Joko Widodo yang akan memaparkannya secara langsung.

Jadi, secara resmi, DBON disahkan secara resmi oleh negara demi mengangkat prestasi olahraga nasional.

"Implementasinya akan dimulai dan disampaikan langsung oleh bapak Presiden," ujar Zainudin.

Baca Juga: Menpora Ajak Semua Pihak Bersiap ke Olimpiade Paris 2024

2. Jadi dasar buat perbaikan pembinaan olahraga nasional

Haornas Jadi Kickoff Desain Besar Olahraga NasionalMenpora Zainuddin Amali dalam konferensi pers jelang Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-38 pada Rabu (8/9/2021). (IDN Times/Margith Juita Damanik)

DBON diharapkan bisa menjadi momentum buat Indonesia dalam melakukan evaluasi secara total ekosistem pembinaan prestasi di Indonesia. Tujuannya agar pembinaan olahraga di Indonesia bisa lebih efektif hingga mampu menelurkan bakat dan menciptakan bintang di masa depan.

"Kami mencari talenta, bakat, susahnya setengah mati, di antara 260 juta penduduk Indonesia. Makanya, kami diminta oleh pak Presiden untuk dievaluasi total tentang ekosistem pembinaan prestasi olahraga nasional ini," ujar Zainudin.

3. Jelang Haornas, Kemenpora bekerja sama dengan KADIN

Haornas Jadi Kickoff Desain Besar Olahraga Nasional

Industri olahraga juga menjadi salah satu aspek dalam DBON. Implementasinya sudah berjalan dan makin dipertegas lewat kerja sama antara Kemenpora dan Kamar Dagang Indonesia dalam proses pengembangannya.

Setidaknya, langkah awal dari fokus Haornas ke-37 tahun lalu, Sport Science, Tourism, dan Industry, sudah diwujudkan.

"Mereka serius membantu dalam mengurus industri olahraga. Kalau industri olahraganya jalan, secara ekonomi itu pasti akan bisa menunjang pertumbuhan. Sehingga orang tidak ragu lagi menjadi atlet," ujar Zainudin.

Baca Juga: Srikandi Indonesia Berjaya di Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya