Comscore Tracker

Srikandi Indonesia Berjaya di Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo

Emas Olimpiade dan Paralimpiade disumbangkan atlet wanita

Jakarta, IDN Times - Atlet wanita Indonesia membawa kejayaan untuk negeri sepanjang 2021. Mereka menorehkan prestasi impresif sepanjang Olimpiade dan Paralimpiade yang dihelat di Tokyo.

Tidak cuma medali perak dan perunggu, para atlet wanita Indonesia berhasil menyumbangkan medali emas untuk Indonesia. Mereka membuat lagu Indonesia Raya bergema lagi di pesta olahraga level dunia.

1. Greysia/Apriyani sumbang emas di Olimpiade

Srikandi Indonesia Berjaya di Olimpiade dan Paralimpiade TokyoPebulutangkis ganda Putri Indonesia Greysia Polii (Kiri) dan Apriyani Rahayu mencium medali emas yang berhasil mereka raih untuk nomor bulutangkis ganda putri Olimpiade Tokyo 2020 di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Jepang, Senin (2/8/2021). (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Kejayaan atlet wanita Indonesia dimulai pada ajang Olimpiade Tokyo 2020. Dari cabor bulu tangkis, Greysia Polii/Apriyani Rahayu berhasil menyumbangkan emas untuk kontingen Indonesia.

Emas ini didapat setelah mereka mengalahkan wakil Tiongkok, Chen Qingchen/Jia Yi Fan dua gim langsung, 21-19, 21-15. Kemenangan ini membuat banyak apresiasi mengalir kepada Greysia/Apriyani dari berbagai pihak.

Prestasi Greysia/Apriyani di #Tokyo2020 juga melanjutkan tradisi Indonesia yang acap meraih emas di cabor bulu tangkis Olimpiade. Mereka meneruskan tradisi yang sudah diguratkan Susy Susanti pada 1992 silam di Barcelona.

Baca Juga: [BREAKING] Hary/Ratri Raih Emas Kedua untuk RI di Paralimpiade Tokyo

2. Leani Ratri Oktila berjaya di Paralimpiade

Srikandi Indonesia Berjaya di Olimpiade dan Paralimpiade TokyoPasangan ganda putri Paralimpiade Tokyo 2020 Indonesia, Leani Ratri Oktila/Khalimatus Sadiyah bawa pulang medali emas (Dok.NPC Indonesia)

Jika di Olimpiade Tokyo Indonesia punya nama Greysia/Apriyani, di ajang Paralimpiade Tokyo 2020 Indonesia punya sosok Leani Ratri Oktila. Tidak tanggung-tanggung, Ratri menyumbangkan dua emas untuk Indonesia dari dua nomor berbeda di cabor para bulu tangkis.

Emas pertama Ratri dapatkan dari nomor ganda putri. Berpasangan dengan Khalimatus Sadiyah, keduanya sukses menundukkan wakil Tiongkok, Cheng Haifeng/Ma Huihui, di babak final dengan skor 21-17, 21-12.

Berlanjut di nomor ganda campuran, Ratri kembali menyumbangkan emas. Bersama Hary Susanto, keduanya menundukkan pasangan asal Prancis, Lucaz Mazur/Faustine Noel, dua gim langsung, 23-21, 21-17.

Dengan dua emas dari cabor para bulu tangkis Paralimpiade Tokyo 2020 ini, Ratri melengkapi gelarnya di dunia para bulu tangkis. Sebelumnya, dia pernah meraih gelar di ajang Kejuaraan Dunia, plus medali emas, perak, dan perunggu di ajang ASEAN Para Games serta Asian Para Games.

3. Atlet-atlet wanita Indonesia lain yang tampil apik

Srikandi Indonesia Berjaya di Olimpiade dan Paralimpiade Tokyopotret Ni Nengah Widiasih (instagram.com/widia_angel)

Selain Ratri, Greysia, dan Apriyani, beberapa atlet wanita lain juga sukses menyumbangkan medali untuk Indonesia di Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020. Ada Windy Cantika Aisah meraih medali perunggu di Olimpiade.

Kemudian, ada Ni Nengah Widiasih yang berhasil sumbang medali perak untuk Indonesia di Paralimpiade. Ada juga Khalimatus yang membantu Ratri meraih emas. Di Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020, atlet wanita Indonesia membuktikan bahwa mereka bisa berbicara banyak.

Baca Juga: Jokowi ke Atlet Paralimpiade RI: Saya Tunggu Semuanya di Istana

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya