Hoki/Kobayashi Resmi Gantikan Kevin/Marcus Jadi Ranking 1 Dunia

Ganda putra Indonesia masih tetap mendominasi

Jakarta, IDN Times - Ganda putra Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi resmi menggantikan pasangan Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon menduduki tahta ranking satu dunia.

Capaian ini menyusul pembaruan ranking yang dirilis Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) pekan ini. Catatan ini juga sekaligus mengakhiri dominasi Kevin/Marcus sebagai nomor satu dunia yang sudah diemban keduanya selama lebih dari empat tahun.

1. Hoki/Kobayashi nyaman di peringkat satu dunia

Hoki/Kobayashi Resmi Gantikan Kevin/Marcus Jadi Ranking 1 DuniaGanda putra Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi di final indonesia Masters 2021. (dok. Humas PP PBSI Indonesia)

Hoki/Kobayashi menduduki peringkat satu dunia dengan catatan 102.050 poin dari 25 turnamen yang diikutinya.

Capaian ini cukup untuk menggeser pasangan Kevin/Marcus yang hanya mengumpulkan 100.327 poin dari 22 turnamen yang diikuti.

Hoki/Kobayashi menandai era baru ganda putra dengan melengserkan pemegang tahta ranking satu ganda putra dunia terlama sepanjang sejarah, Kevin/Marcus.

Baca Juga: Kevin/Marcus Terancam Lengser dari Peringkat Satu Dunia

2. Performa Kevin/Marcus turun

Hoki/Kobayashi Resmi Gantikan Kevin/Marcus Jadi Ranking 1 DuniaKevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon (Instagram.com/bwf.official)

Penampilan Kevin/Marcus sepanjang 2022 memang terbilang menurun. Wajar saja, pasangan yang akrab dijuluki The Minions ini memang banyak absen dari pertandingan.

Hal ini disebabkan karena Marcus Fernaldi Gideon menjalani pemulihan pasca-oprasi pergelangan kaki yang dilakukannya.

Capaian terbaik keduanya adalah menembus babak semifinal di ajang Indonesia Masters 2022 dan All England 2022.

Hasil ini membuat The Minions mau tak mau harus melepas tahta ranking satu dunia yang sudah diemban keduanya selama nyaris lima tahun terakhir.

3. Ganda putra Indonesia masih mendominasi

Hoki/Kobayashi Resmi Gantikan Kevin/Marcus Jadi Ranking 1 DuniaTim ganda putra Indonesia untuk Piala Sudirman 2021 (Twitter.com/@INABadminton)

Meski Kevin/Marcus Turun peringkat, ganda putra Indonesia masih mendominasi peringkat dunia. Ada enam pasangan yang menempati 20 besar dunia saat ini.

Kevin/Marcus menempati ranking dua dunia disusul pasangan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan di peringkat empat dan pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di peringkat enam dunia.

Sementara tiga pasangan muda lainnya juga berkejaran poin. Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan memimpin dengan posisi ranking 13 dunia.

Sementara pasangan Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana menempati ranking 16 disusul pasangan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin di ranking 17 dunia.

Baca Juga: Kevin/Marcus Terancam Lengser dari Peringkat Satu Dunia

Baca Juga: PBSI Tutup Peluang Pisahkan Kevin/Marcus Demi Olimpiade 2024

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya