Indonesia Berpeluang Panen Medali SEA Games 2023 Hari Ini

Pencak silat jadi lumbung emas Indonesia

Jakarta, IDN Times - Tim Indonesia berpeluang panen medali emas dari ajang SEA Games 2023 Kamboja pada Rabu (10/5/2023). Sebab, cabang olahraga pencak silat, yang notabene merupakan salah satu andalan tanah air akan dipertandingkan hari ini.

Selain itu, dua medali emas juga dinantikan dari cabor Wushu hari ini.

Sejauh ini, kontingen Indonesia masih berada di posisi lima klasemen sementara raihan medali SEA Games 2023.

1. Diharapkan panen emas dari pencak silat

Indonesia Berpeluang Panen Medali SEA Games 2023 Hari IniSkuad Indonesia jadi juara umum di Kejuaraan Dunia Pencak Silat 2022 (Instagram.com/pb.pencaksilatindonesia)

Sebanyak 13 nomor pertandingan pencak silat akan dipertandingkan di Chory ChangvarInternational Convention and Exibhition Center, Phnom Pehn. Para pendekar merah-putih berpeluang meraup emas dari sederet nomor.

Medali emas diharapkan bisa diraih dari  nomor tanding putra di beberapa kelas. Selain itu, nomor tanding putri juga diharapkan bisa bawa pulang medali emas.

Dilansir ANTARA, Iqbal Candra Pratama dari kelas F (70-75 kg) putra diperkirakan akan mengawali panen medali emas Indonesia. Juara Asian Games 2018 kelas D (60 kg – 65kg) ini akan berduel dengan pesaing berat asal Malaysia, Mohd Syahrul Zeckry Sulaiman.

Di nomor tanding putri, Suci Wulandari jadi salah satu yang diharapkan bisa bawa pulang medali. Suci akan menghadapi pesilat Malaysia Norsyakirah Muksin.

Baca Juga: Tekad Guru yang Mau Sikat Habis Emas di SEA Games 2023

2. Wushu diharapkan sumbang emas hari ini

Indonesia Berpeluang Panen Medali SEA Games 2023 Hari IniEdgar Xavier Marvelo (Instagram.com/edgarmarvelo)

Selain pencak silat, cabor Wushu juga diharapkan jadi lumbung emas kotingen tanah air hari ini. Indonesia juga menanti dua emas dari cabor Wushu.

Trio Edgar Xavier Marvelo, Harris Horatius, dan Seraf Naro Siregar diharapkan tampil kompak di nomor koreografi sparing (Dullian) untuk meraih prestasi terbaik.

Emas kedua diharapkan datang dari Harris Sitorus yang akan turun di nomor Nanquan. Medali emas juga diharapkan datang dari atletik, esport, akuatik (loncat indah), dan soft tennis hari ini.

Jika semua sesuai dengan target, bukan tak mungkin hal itu membawa Indonesia bertengger di tiga besar klasemen raihan medali SEA Games 2023.

3. Indonesia turun kelima besar

Indonesia Berpeluang Panen Medali SEA Games 2023 Hari IniAtlet renang Indonesia, I Gede Siman Sudartawa (instagram.com/siman_sudartawa)

Indonesia saat ini berada di peringkat kelima klasemen raihan medali SEA Games 2023. Skuad Garuda mengantongi total 99 medali dengan rincian 25 emas, 22 perak, dan 52 perunggu.

Di puncak klasemen, Thailand berhasil unggul atas tuan rumah, Kamboja. Skuad Thailand mengantongi 115 medali dengan rincian 40 emas, 30 perak, dan 45 perunggu.

Indonesia sendiri ditargetkan pulang dengan capaian 60 medali emas dari SEA Games 2023. Kini, jumlah tersebut masih jauh dari target yang diharapkan.

Baca Juga: Perolehan Medali SEA Games 2023 Rabu Pagi

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya