Indonesia dan Taiwan Perlu Antisipasi Thailand di Piala Thomas

Bagaimana peta persaingan ketiga negara?

Jakarta, IDN Times - Tim bulu tangkis Piala Thomas dari Indonesia dan Taiwan perlu mengantisipasi tim Thailand. Antisipasi itu dilakukan jika Indonesia dan Taiwan mau lolos dari babak penyisihan grup.

Ajang Piala Thomas dan Uber berlangsung di Aarhus, Denmark mulai Sabtu, (9/10/2021). Indonesia menghuni grup A bersama dengan Taiwan, Thailand, dan Algeria.

Grup ini disebut-sebut sebagai grup neraka melihat potensi persaingan ketat yang mungkin timbul di dalamnya. Indonesia dan Taiwan jadi dua negara paling diunggulkan untuk lolos dari fase grup. Namun, Thailand rasanya tak pantas diremehkan.

1. Peta kekuatan Indonesia

Indonesia dan Taiwan Perlu Antisipasi Thailand di Piala ThomasIDN Times/PBSI

Tim Indonesia datang ke Denmark dengan kekuatan penuh di skuad Thomas. Di sektor ganda, Indonesia membawa pasangan nomor satu dunia Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, nomor dua dunia Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dan peringkat tujuh dunia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Tak hanya itu, skuad Merah-Putih juga membawa pasangan Juara Dunia Junior, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin.

Di sektor tunggal, Indonesia diperkuat Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie yang berpeluang menjadi tunggal pertama dan kedua. Serta Shesar Hiren Rhustavito dan Chico Aura Dwi Wardoyo jadi tunggal ketiga.

Meski secara peringkat unggul, skuad Indonesia jadi sorotan lantaran tampil di bawah ekspektasi dalam ajang Piala Sudirman 2021 pekan lalu.

Baca Juga: Jadwal Pertandingan Tim Indonesia di Piala Thomas dan Uber  

2. Peta kekuatan Taiwan

Indonesia dan Taiwan Perlu Antisipasi Thailand di Piala ThomasGanda putra Taiwan Lee Yang/Wang Chi-Lin di Olimpiade Tokyo 2020 (Instagram.com/bwf.official)

Tim lain yang juga diharapkan lolos dari babak beregu adalah Taiwan. Maklum saja, Taiwan diperkuat peraih medali emas Olimpiade ganda putra, Lee Yang/Wang Chi-Lin. Tak hanya itu, Wang Tzu Wei juga turut bergabung dengan skuad usai menjalani Piala Sudirman 2021.

Di sektor ganda putra, Taiwan diperkuat pasangan Lu Ching Yao/Yang Po Han, Lee Jhe-Huei/Yang Po-Hsuan. Sedangkan, di sektor tunggal, Taiwan memboyong Chou Tien Chen and Wang Tzu Wei.

3. Indonesia dan Taiwan perlu hati-hati lawan Thailand

Indonesia dan Taiwan Perlu Antisipasi Thailand di Piala ThomasBwfbadminton.com

Sementara itu, ancaman lain datang dari tim Thailand. Skuad satu ini disebut-sebut bisa menjadi pengacau persaingan di grup A.

Thailand akan diperkuat bintang mudanya, Kunlavut Vitidsarn. Sosok satu ini jadi sorotan atas performanya yang semakin baik di Piala Sudirman 2021.

Selain itu, Thailand juga diisi Kantaphon Wangchaoren and Suppanyu Avihingsanon.  Sementara pada sektor ganda, skuad Thailand diisi Supak Jomkoh/Kedren Kittinupong.

Baca Juga: Aturan Baru Thomas dan Uber Cup 2020: Satu Negara Bawa 12 Pemain

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya