Comscore Tracker

Aturan Baru Thomas dan Uber Cup 2020: Satu Negara Bawa 12 Pemain

Atran baru berlaku hanya untuk TUC 2020

Jakarta, IDN Times - Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) memberlakukan aturan baru untuk penyelenggaraan Thomas dan Uber Cup (TUC) 2020. Aturan ini diberlakukan oleh BWF karena alasan khusus.

"TUC: sudah diputuskan 12 pemain tiap team tapi cuma untuk kali Ini. Bukan permanent," tulis Kepala Bidang Hubungan Luar Negeri PBSI, Bambang Roedyanto, dalam cuitannya di akun Twitter (@RudyRoedyanto).

Lebih lanjut, dihubungi IDN Times, Rudy mengatakan BWF mengeluarkan aturan tersebut karena berkaitan dengan pandemik COVID-19. Aturan tersebut khusus diberlakukan bagi penyelenggaaan Thomas dan Uber Cup 2020, agar setiap tim memiliki cadangan pemain cukup dalam turnamen beregu ini.

Baca Juga: PBSI Belum Tentukan Atlet yang Ikut ke Thomas dan Uber Cup 2020

1. PBSI belum tetapkan skuat TUC 2020

Aturan Baru Thomas dan Uber Cup 2020: Satu Negara Bawa 12 PemainIDN Times/PBSI

Undian Thomas dan Uber Cup 2020 sudah rampung digelar BWF. Tim beregu putra dan putri Indonesia sudah tahu siapa saja yang akan menjadi lawan.

Tapi, hingga sekarang, Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Rionny Mainaky menyatakan skuad resmi Thomas dan Uber Cup 2020 belum ditentukan.

"Nama-nama pemain belum saya tentukan, tapi gambarannya sudah ada," ujar Riony pada Rabu, 18 Agustus 2021 lalu.

2. Rionny janjikan skuat terbaik untuk Thomas dan Uber Cup 2020

Aturan Baru Thomas dan Uber Cup 2020: Satu Negara Bawa 12 PemainGanda putri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu di Olimpiade Tokyo 2020 (dok. NOC Indonesia)

Rapat akan digelar bersama seluruh pelatih untuk memilih dan menyiapkan nama demi mendapat hasil yang maksimal. Tujuannya, tentu membawa trofi Thomas dan Uber ke Indonesia.

Pertimbangan yang akan diambil dalam menentukan anggota skuad bukan hanya perihal teknik, tapi juga indikator lainnya, terkait kondisi kebugaran hingga sikap pemain.

"Saya pastikan tim Thomas dan Uber Indonesia nanti adalah tim terbaik yang kami miliki, siap bertanding. Bukan pemain muda yang coba-coba," tegas Rionny.

3. Hasil undian Thomas dan Uber Cup 2020

Aturan Baru Thomas dan Uber Cup 2020: Satu Negara Bawa 12 PemainTim beregu putra bulu tangkis Indoesia meraih medali emas SEA Games 2019 (IDN Times/PBSI)

Berikut hasil undian lengkap Thomas dan Uber Cup 2020:
Undian Thomas Cup 2020:
Grup A - Indonesia, Taiwan, Aljazair, Thailand
Grup B - Denmark, Korea Selatan, Perancis, Jerman
Grup C - China, India, Belanda, Tahiti
Grup D - Jepang, Malaysia, Kanada, Inggris

Undian Uber Cup 2020:
Grup A - Jepang, Indonesia, Jerman, Perancis
Grup B - Thailand, India, Spanyol, Skotlandia
Grup C - Korea Selatan, Taiwan, Tahiti, Mesir
Grup D - China, Denmark, Malaysia, Kanada

Baca Juga: Indonesia Jumpa Lawan Tangguh di Thomas dan Uber Cup 2020

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya