Comscore Tracker

Ini 5 Pelatih Bulu Tangkis Terbaik Dunia Satu Dekade Terakhir

Ada Coach naga api dan Rexy Mainaky juga, lho

Jakarta, IDN Times - Di balik setiap pemain bulu tangkis sukses, ada kerja keras para pelatih yang mendukung mereka. Baik pelatih maupun atlet pasti memiliki tujuan akhir yang sama yakni mewujudkan kemenangan dalam pertandingan.

Siapa saja pelatih-pelatih terbaik dunia? Melansir dari situs 360 Badminton, berikut 5 nama pelatih bulu tangkis terbaik selama satu dekade terakhir. Dua di antaranya, putra terbaik Tanah Air.

Baca Juga: Ini Deretan Pahlawan Bulu Tangkis Indonesia yang Mengguncang Dunia

1. Li Yong Bo

Ini 5 Pelatih Bulu Tangkis Terbaik Dunia Satu Dekade TerakhirLi Yong Bo pelatih bulu tangkis Tiongkok (YouTube/Badmintonplanet-dot-com Channel)

Sosok yang satu ini menjadi alasan terbesar Tiongkok tumbuh mendominasi di cabang olahraga bulu tangkis. Li Yong Bo pernah menjabat sebagai kepala Asosiasi Bulu tangkis Tiongkok (CBA) selama 24 tahun.

Dalam masa jabatannya sebagai kepala pelatih, Tiongkok terbilang panen prestasi. Mulai dari memenangkan piala Sudirman, piala Thomas, piala Uber, hingga panen emas Olimpiade di lima sektor pertandingan pada Olimpiade London 2012 lalu.

Li Yong Bo turun dari posisinya pada 2017 lalu. Setelahnya, tak bisa dimungkiri performa bulu tangkis Tongkok terbilang tak lagi seganas dulu.

2. Rexy Mainaky

Ini 5 Pelatih Bulu Tangkis Terbaik Dunia Satu Dekade TerakhirRexy Mainaky kepala pelatih bulu tangkis Thailand (YouTube/BWF TV)

Sosok yang satu ini terkenal sebagai salah satu pelatih ganda putra terbaik. Dia pernah melatih di timnas Inggris, Malaysia, dan Filipina. Saat ini, Rexy Mainaky tengah menjadi pelatih di timnas Thailand.

Sebagai seorang legenda bulu tangkis, nama Rexy Mainaky dikenal hampir seluruh Tanah Air. Setelah tak lagi menjadi pemain, dia juga kembali menuai kesuksesan sebagai pelatih bulu tangkis.

Selama melatih, Rexy membuahkan hasil baik terlihat dari prestasi anak didiknya. Mulai dari medali perunggu Olimpiade untuk Inggris, dua medali perak Olimpiade untuk Malaysia, dan babak final piala Uber untuk Thailand.

3. Park Joo-bong

Ini 5 Pelatih Bulu Tangkis Terbaik Dunia Satu Dekade TerakhirPark Joo-bong pelatih bulu tangkis Jepang (YouTube/BWF TV)

Park Joo-bong jadi salah satu pelatih tersukses di dunia bulu tangkis. Namanya mungkin sudah tak asing lagi terlebih setelah mengabdi untuk tim Jepang sejak 2004 silam.

Park Joo-bong adalah mantan pemain spesialis Korea Selatan. Namun dia memilih untuk melatih di Jepang. Kontribusinya lebih dari sekadar layak diperhitungkan. Selama menjadi kepala pelatih, Joo-bong membawa Jepang mendominasi seperti sekarang di sektor ganda.

Kepiawaiannya melatih terbukti dengan deretan nama anak didiknya wakil Jepang mengisi daftar peringkat 10 besar dunia termasuk di ganda campuran.

Baca Juga: Julukan-julukan Atlet Bulu Tangkis Indonesia, Siapa Jagoan Kalian?

4. Pullela Gopichand

Ini 5 Pelatih Bulu Tangkis Terbaik Dunia Satu Dekade TerakhirPullela Gopichand pelatih tim bulu tangkis India (YouTube/ IDBI Federal Life Insurance Co Ltd)

Mantan juara All England ini menjadi kepala pelatih di timnas India. Dia disebut-sebut menjadi salah satu orang yang membawa bulu tangkis jadi populer di negaranya. Bulu tangkis kini menjadi olahraga terpopuler kedua di India setelah Cricket.

Pullela punya akademi bernama Pullela Gopichand Badminton Academy. Sejumlah nama bintang bulu tangkis India yang masuk dalam deretan pemain elite dunia, ialah lulusan dari akademi ini. Sebut saja Saina Nehwal, PV Sindhu, Srikanth Kidambi, Kashyap Parupalli, hingga Prannoy, dibentuk di akademi ini sejak usia belia.

5. Herry Iman Pierngadi

Ini 5 Pelatih Bulu Tangkis Terbaik Dunia Satu Dekade Terakhir(Pelatih ganda putra Indonesia Herry Iman Pierngadi (tengah)) FOTO ANTARA/INASGOC/Puspa Perwitasari

Sosok yang satu ini tak hanya populer di Indonesia tapi juga di dunia. Herry IP, begitu dia akrab disapa juga dijuluki sebagai coach naga api. Di bawah asuhan tangan dinginnya, pemain ganda putra Indonesia jadi bintang-bintang dan yang terbaik di dunia.

Herry memang bukan pemain bulu tangkis top dunia, namun prestasinya sebagai pelatih tak perlu diragukan lagi. Pasangan kelas dunia sudah lama diciptakan Herry.

Sebut saja Chandra Wijaya/Tony Gunawan, Fajar Alfian/Mohammad Rian Ardianto yang menduduki peringkat enam dunia saat ini, termasuk Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan yang kini menempati peringkat dua dunia. Dan tentu saja pasangan ganda putra terbaik dunia asal Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon.

Baca Juga: 4 Pelatih dari Indonesia Jadi Andalan Federasi Bulu Tangkis Malaysia

Topic:

  • Margith Juita Damanik
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya