Insiden Salah Sebut di Denmark Open 2022, Vittinghus Buka Suara

Vittinghus harap netizen Indonesia bisa memaafkan

Jakarta, IDN Times - Tunggal putra Denmark Hans-Kristian Solberg Vittinghus ikut buka suara atas kesalahan yang terjadi di podium ganda putra saat gelaran Denmark Open 2022.

Dalam unggahannya di akun Twitter (@hkvittinghus), Vittinghus menjelaskan bahwa pihak penyelenggara sudah meminta maaf. Dia juga bisa menyadari mengapa netizen Indonesia sangat kecewa.

Seperti diketahui, peristiwa tak mengenakkan terjadi saat final ganda putra Denmark Open 2022. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon yang saat itu melakoni laga all Indonesian final diperkenalkan sebagai wakil Malaysia saat akan podium.

1. Beri penjelasan soal permintaan maaf federasi

Insiden Salah Sebut di Denmark Open 2022, Vittinghus Buka SuaraPodium ganda putra Denmark Open 2022 (dok. PP PBSI)

Dalam unggahannya di Twitter, Vittinghus berusaha menjelaskan apa yang terjadi pada insiden tersebut. Dia juga meminta agar warganet tidak usah terus-terusan mengungkit permasalahan itu.

Vittinghus secara personal juga menyayangkan kesalahan yang terjadi. Namun, menurut dia warganet sudah seharusnya menerima permintaan maaf yang sudah disampaikan oleh penyelenggara secara langsung setelah seremoni maupun lewat unggahan di Twitter.

"Federasi bulutangkis Denmark secara resmi sudah meminta maaf kepada Kedutaan Indonesia dan PBSI," ujar Vittinghus.

Baca Juga: Juara Denmark Open 2022, Fajar/Rian Kokoh di Puncak World Tour Finals

2. Berharap hubungan BL Indonesia dan Denmark tetap harmonis

Insiden Salah Sebut di Denmark Open 2022, Vittinghus Buka Suarainstagram.com/hkvittinghus

Vittinghus mengatakan, kejadian ini tidak dapat diputar ulang. Dia juga berharap insiden ini tidak memberi dampak buruk bagi hubungan pencinta bulu tangkis Indonesia dan Denmark.

Wajar saja, badminton lovers Indonesia memang terkenal dengan dukungan penuhnya pada atlet bulu tangkis, termasuk untuk atlet Denmark.

Selama ini, atlet Denmark kerap disambut dengan hangat badminton lovers Indonesia setiap melakukan pertandingan di tanah air.

3. Fajar/Rian dan Kevin/Marcus disebut dari Malaysia

Insiden Salah Sebut di Denmark Open 2022, Vittinghus Buka SuaraPodium ganda putra Denmark Open 2022 (dok. PP PBSI)

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon yang menyuguhkan laga all Indonesia final justru diperkenalkan sebagai wakil Malaysia saat naik podium ganda putra di Denmark Open 2022 pada Minggu, 23 Oktober 2022.

Menyadari kesalahan penyebutan yang dilakukan, Federasi Bulu tangkis Denmark menuliskan permintaan maafnya di akun Twitter mereka (@BadDK).

"Kami sungguh meminta maaf atas kesalahan pengumuman yang kami lakukan. Tentu saja Fajar Alfian/Muhammad Ardianto dan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Gideon adala wakil Indonesia! Kami mengetahuinya. Ini adalah kesalahan manusia dan kami harap permintaan maaf kami bisa diterima," tulis Federasi Bulu tangkis Denmark.

Baca Juga: Denmark Minta Maaf Sebut Kevin/Marcus dan Fajar/Rian dari Malaysia

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya