Comscore Tracker

Kejuaraan Seri Asia Diundur, BWF World Tour Final Pindah ke Thailand

Musim 2020 akan berakhir di Januari 2021 mendatang

Jakarta, IDN Times - Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) resmi mengumunkan tiga turnamen akan digelar berturut-turut pada pertengahan Januari 2021 mendatang. Tiga turnamen tersebut merupakan turnamen bulu tangkis di Asia yang semula direncanakan akan digelar tahun ini.

Final itu rencananya akan digelar pada akhir bulan Januari. Juga telah diputuskan bahwa turnamen seri Asia dari tur tersebut akan digelar di Thailand.

1. Ada 3 turnamen berturut-turut yang diundur ke Januari 2021

Kejuaraan Seri Asia Diundur, BWF World Tour Final Pindah ke ThailandTwitter.com/@INABadminton

Melansir dari laman resmi BWF, ada tiga turnamen berturut-turut di seri Asia yang akan digelar pada Januari 2021 mendatang. Dimulai dengan Asia Open I Super 1000 yang rencananya akan digelar 12 -17 Januari 2021.

Menyusul setelahnya akan digelar Asia Open II Super 1000 pada 19-24 Januari 2021. Seri Asia akan ditutup dengan World Tour Finals 2020 yang digelar 27-31 Januari 2021.

"Tanggal di bulan Januari memberikan BWF kesempatan terbaik untuk melanjutkan dan menyelesaikan World Tour 2020 sebagai bagian dari kembalinya pertandingan bulu tangkis internasional," tulis BWF di laman resminya (bwfworldtour.bwfbadminton.com), Sabtu (26/9/2020).

Baca Juga: 4 Turnamen Dibatalkan BWF, Gak Ada Kejuaraan hingga September!

2. Kejuaraan seri Asia akan digelar di Thailand

Kejuaraan Seri Asia Diundur, BWF World Tour Final Pindah ke ThailandTunggal putri Thailand, Ratchanok Intanon berlaga di Indonesia Masters 2020 (IDN Times/Kevin Handoko)

BWF telah resmi mengumumkan World Tour Final 2020 akan digelar di Bangkok, Thailand pada Januari 2021 mendatang. Tak hanya World Tour Final, namun dua gelaran Kejuaraan bulu tangkis dari Asia lainnya juga akan digelar di negara yang sama.

Ini artinya kalender tahun 2020 untuk kejuaraan bulu tangkis internasional akan berakhir pada Januari 2021 mendatang. Studi menunjukkan bahwa Thailand bersedia menjadi tuan rumah kejuaraan Asia.

BWF sangat mengapresiasi kerja sama asosiasi bulu tangkis Thailand dan dukungan dari Pemerintah Thailand yang berkomitmen terhadap langkah penting sebagai bagian dari dimulainya kembali turnamen bulu tangkis internasional.

Turnamen di Thailand tersebut akan menjadi turnamen pertama BWF setelah sempat menunda bahkan membatalkan seluruh pertandingan di masa pandemik COVID-19.

3. Thomas and Uber Cup akan digelar di 2021

Kejuaraan Seri Asia Diundur, BWF World Tour Final Pindah ke ThailandTim beregu putra bulu tangkis Indoesia meraih medali emas SEA Games 2019 (IDN Times/PBSI)

Turnamen beregu bergengsi dunia yakni Thomas dan Uber Cup juga dipastikan akan digelar pada 2021 mendatang. Hal ini diputuskan setelah sejumlah negara memilih mundur dari turnamen tersebut.

Belum diketahui pasti kapan tanggal resmi gelaran Piala Thomas dan Uber akan kembali diselenggarakan. Bulan Oktober mendatang, Denmark Open menjadi satu-satunya turnamen yang akan digelar di dalam kalender tahun ini.

Baca Juga: Badminton is Back, BWF Rilis Jadwal Turnamen di Sisa Tahun 2020!

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya