Keren! Desak Made Rita Amakan Tiket Olimpiade Paris 2024

Jadi wakil kedua Indonesia di Paris 2024

Jakarta, IDN Times - Kabar gembira datang dari atlet panjat tebing Indonesia. Desak Made Rita Kusuma Dewi memastikan diri lolos kualifikasi Olimpiade Paris 2024.

Kepastian ini diraih setelah Rita keluar sebagai yang tercepat di nomor speed putri pada turnamen Piala Dunia Panjat Tebing 2023 seri Bern, Swiss pada Jumat (11/8/2023). Hasil ini sekaligus menjadi kejutan lantaran Indonesia terbilang tak jadi ungulan di nomor speed putri.

1. Jadi yang tercepat di Swiss

Keren! Desak Made Rita Amakan Tiket Olimpiade Paris 2024Atlet panjat tebing Indonesia, Desak Made Rita Kusuma Dewi (instagram.com/ifsclimbing)

Jalani Piala Dunia Panjat Tebing 2023 di Bern Swiss, Desak Made Rita Kusuma Dewi mendapat medali emas. Rita sukses mencatatkan waktu 6,49 detik dan mengalahkan pesaingnya.

Medali perak diamankan wakil Amerika Serikat, Emma Hunt, dengan catatan waktu 6,67 detik. Sementara medali perunggu diraih wakil Polandia, Aleksandra Miroslaw.

Menembus final, tiket Olimpiade diberikan kepada Rita dan Emma dari nomor speed putri.

Baca Juga: Mau Coba Olahraga Panjat Tebing? Ini Tips Persiapan dari Dokter

2. Jadi wakil kedua Indonesia di Paris

Keren! Desak Made Rita Amakan Tiket Olimpiade Paris 2024Pemanah muda Indonesia, Arif Dwi Pangestu (dok. NOC Indonesia)

Rita menjadi wakil kedua Indonesia yang memastikan diri akan berlaga di Olimpiade Paris 2024. Tiket pertama diamankan pemanah muda Indonesia, Arif Dwi Pangestu.

Arif memastikan diri lolos kualifikasi Olimpiade usai menembus babak semifinal Kejuaraan Dunia Panahan 2023. Di ajang tersebut, Arif memberi kejutan dengan mengalahkan wakil Korea Selatan, Kim Woo Jin, yang merupakan juara bertahan dari ajang tersebut.

3. Panjat tebing dan peluang emas tambahan Indonesia

Keren! Desak Made Rita Amakan Tiket Olimpiade Paris 2024Atlet panjat tebing Indonesia, Raviandi Ramadhan (Instagram.com/raviandiramadhan)

Cabang olahraga panjat tebing sudah melakukan debutnya di panggung Olimpiade Tokyo 2020, yang berlangsung musim panas 2021 dengan mempertandingan kategori speed, boulder, dan combined (boulder and speed).

Panjat tebing dipastikan akan dipertahankan di Paris 2024. Melihat progres menjanjikan dari cabor ini, wakil Tanah Air ditargetkan bisa jadi salah satu penyumbang medali emas tambahan untuk Indonesia dari Olimpiade Paris 2024 mendatang.

Baca Juga: Panjat Tebing Indonesia dan Ekspektasi Tinggi di Olimpiade 2024

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya