Leo/Daniel Juara Thailand Masters 2023, Ini Kata Herry IP

Leo/Daniel jadi andalan ganda putra

Jakarta, IDN Times - Pelatih kepala ganda putra Indonesia, Herry Iman Pierngadi, mengomentari performa pasangan muda, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, yang jadi jawara Thailand Masters 2023. Dia menyiratkan tak puas, karena pasangan ini dinilai tak terlalu baik performanya di ajang tersebut.

Sukses membawa dua gelar dalam dua turnamen terakhir, Herry IP ternyata tak puas dengan performa ganda putra andalannya ini. Leo/Daniel dinilai sudah terkuras kebugarannya usai melewati jadwal padat dalam beberapa pekan terakhir hingga memenangkan gelar juara turnamen BWF Super 300 tersebut.

"Secara umum, sebenarnya performa Leo/Daniel di Thailand Masters tidaklah terlalu bagus. Kondisinya belum fit benar sejak jadi juara di Indonesia Masters lalu," kata Herry IP dikutip PBSI.

1. Performa Leo/Daniel tak terlalu bagus

Leo/Daniel Juara Thailand Masters 2023, Ini Kata Herry IPLeo Rolly Carnando/Daniel Marthin di perempat final Indonesia Masters 2023 (dok. PP PBSI)

Thailand Masters 2023 merupakan turnamen keempat yang diikuti Leo/Daniel di awal tahun 2023 ini. Perjalanan keduanya dimulai dari Malaysia Open 2023, India Open 2023, Indonesia Masters 2023, dan Thailand Masters 2023.

Bagi Herry IP, jadwal padat itu yang membuat performa kedua anak asuhnya itu ternyata tak cukup bagus di turnamen kali ini. Bahkan, Daniel Marthin tampil dalam kondisi cedera sepanjang turnamen.

Secara fisik, kondisi Daniel Marthin memang tak cukup prima. Atlet tepok bulu berusia 21 tahun itu mengalami pembengkakan di telapak kaki kirinya.

Baca Juga: Road to Glory Leo/Daniel di Indonesia Masters 2023, Gelar S500 Kedua!

2. Daniel Marthin alami pembengkakan di kaki kiri

Leo/Daniel Juara Thailand Masters 2023, Ini Kata Herry IPLeo Rolly Carnando/Daniel Marthin di SEA Games 2021 (dok. PP PBSI)

Kondisi ini disebut Herry IP sebagai salah satu faktor penyebab Daniel tak bisa tampil maksimal di final Thailand Masters 2023.

Namun, pelatih yang akrab dijuluki Naga Api ini melihat semangat juang dan keinginan juara Leo/Daniel lebih besar dari rasa sakit yang dialami.

"Tetapi karena keinginan juara begitu besar, dia seolah melupakan sakitnya. Daniel tampil nekat dan berani saja seperti tampil normal, padahal telapak kakinya sakit," kata Herry IP.

3. Puja-puji untuk Leo/Daniel

Leo/Daniel Juara Thailand Masters 2023, Ini Kata Herry IPLeo Rolly Carnando/Daniel Marthin memenangkan gelar juara dari Thailand Masters 2023 (dok. PP PBSI)

Herry IP mengatakan prestasi Leo/Daniel perlu untuk disyukuri. Pasangan muda itu dua kali menyelamatkan wajah ganda putra Indonesia.

Di Thailand Masters 2023, Leo/Daniel jadi satu-satunya wakil Indonesia yang tersisa di babak final. Sepekan sebelumnya, Leo/Daniel jadi satu-satunya wakil ganda putra Merah-Putih yang tersisa sejak semifinal Indonesia Masters 2023.

"Penampilan mereka malah lebih bervariasi. Bisa lebih tenang dan mampu mengontrol permainan. Daniel juga tidak harus bermain keras terus. Mengobral smash terus. Jadi Leo/Daniel di Thailand Masters bisa main di dua taktik atau strategi permainan yang berbeda," kata Herry IP menyampaikan puja-pujinya pada Leo/Daniel.

Baca Juga: Leo/Daniel Dua Kali Selamatkan Wajah Ganda Putra Indonesia

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya