Mantap! Kiromal Katibin Pecahkan Rekor Panjat Tebing Dunia Lagi

Kiromal Katibin jadi manusia tercepat memanjat di dunia

Jakarta, IDN Times - Atlet panjat tebing Indonesia, Kiromal Katibin, kembali menorehkan catatan apik dalam ajang bergengsi internasional. Dia memecahkan rekor sebagai atlet panjat tebing tercepat dunia di ajang International Federation of Sport Climbing (IFSC) World Cup 2022 di Chamonix, Prancis.

Tak tanggung-tanggung, prestasi itu diraih Katibin yang dijuluki "Spiderman Indonesia" di babak kualifikasi. Dia menorehkan catatan waktu 5,009 detik dengan pembulatan di 5,00 detik, mengalahkan para pesaingnya dalam pertandingan yang digelar 8 Juli 2022.

1. Rekor spektakuler Katibin

Mantap! Kiromal Katibin Pecahkan Rekor Panjat Tebing Dunia LagiAtlet panjat tebing Indonesia, Kiromal Katibin (fpti.or.id)

Rekor Katibin kali ini terbilang spektakuler mengingat dinding yang dipanjatnya setinggi 15 meter. Gelar manusia tercepat makin melekat erat dengan diri Katibin.

Katibin memastikan satu tempat untuk Indonesia di babak final IFSC World Cup 2022. Dia akan bertarung dengan 15 atlet untuk beradu cepat berebut medali di ajang yang berlangsung hingga 10 Juli 2022 ini.

Baca Juga: Atlet Panjat Tebing Indonesia Kembali Pecahkan Rekor Dunia di Swiss!

2. Katibin sudah empat kali pecahkan rekor

Mantap! Kiromal Katibin Pecahkan Rekor Panjat Tebing Dunia LagiAtlet panjat tebing Indonesia Kiromal Katibin dalam ajang Speed and Lead World Cup di Villars, Swiss (https://gerakita.com/0

Tak cuman satu kali, Katibin sudah memecahkan tiga rekor sebelumnya. Rekor pertama dipecahkan di seri IFSC Seoul Korea Selatan disusul dengan pemecahan rekor di Salt Lake City Amerika Serikat.

Katibin juga memecahan rekor di ajang yang berlangsung di Villars, Swiss. Rekor yang dipecahkan di Prancis ini tercatat jadi yang keempat dipecahkan atlet kelahiran Batang, Jawa Tengah tersebut.

3. Indonesia turunkan 20 atlet di Prancis

Mantap! Kiromal Katibin Pecahkan Rekor Panjat Tebing Dunia LagiAtlit panjat tebing Indonesia Katibin Kiromal (kiri ) dan rekannya Veddriq Leonardo (kanan). (ANTARA FOTO/ Reuters-Jeffrey Swinger-USA TODAY Sports/hp.)

Indonesia sendiri menurunkan 20 atlet untuk bertanding dalam IFSC World Cup 2022 yang digelar di Place du Mont Blanc, Chamonix, Prancis. Masing-masing, sepuluh atlet putra dan putri diterjunkan untuk bersaing dengan ratusan atlet lain dari 32 negara.

Skuad Garuda menurunkan enam wakil di kategori speed putra, empat wakil di kategori lead putra, dan masing-masing lima wakil di kategori speed dan lead putri.

“Saya sangat senang sekali. Ini terjadi karena saya berlatih dengan keras. Terima kasih atas semua doa dari masyarakat, semoga dengan ini panjat tebing Indonesia semakin jaya,” kata Katibin soal rekor terbarunya mengutip laman resmi Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI).

Baca Juga: Profil Spiderman Indonesia: Kiromal Katibin Sang Pemecah Rekor

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya