Mathias Boe Latih Ganda Putra India untuk Olimpiade Tokyo 2020

Mathias Boe akan latih Satwisairaj Rankireddy/Chirag Shetty

Jakarta, IDN Times - Peraih medali perak bulu tangkis Olimpiade London 2012, Mathias Boe, dikabarkan akan turun sebagai pelatih.

Mantan ganda putra Denmark ini memutuskan untuk melatih ganda putra India untuk merebut medali di gelaran Olimpiade Tokyo 2020, yang akan digelar musim panas 2021 ini.

Hal tersebut disampaikan oleh Asosiasi Bulu Tangkis India (BAI). "BAI menyambut peraih medali Olimpiade, Mathias Boe sebagai pelatih untuk tim ganda India," ujar Sekjen BAI Ajay Singhania seperti diunggah di akun Twitter @BAI_Media pada Jumat, 29 Januari 2021 lalu.

Baca Juga: Pujian Legenda Bulutangkis Jepang untuk Kevin/Marcus dan Hendra/Ahsan

1. Boe akan latih Satwisairaj Rankireddy/Chirag Shetty menuju Olimpiade

Mathias Boe Latih Ganda Putra India untuk Olimpiade Tokyo 2020Pasangan Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty kala beraksi di Kejuaraan Dunia 2019. Bwfbadminton.com

Mathias Boe akan mendampingi pasangan ganda putra India, Satwisairaj Rankireddy/Chirag Shetty untuk memperebutkan medali di ajang Olimpiade Tokyo 2020 nanti.

Atlet asal Denmark itu dikabarkan akan bergabung dengan pasangan India di Hyderabad pekan depan. Boe juga disebutkan akan bertanggung jawab untuk sektor ganda tim nasional India, termasuk N. Sikki Reddy dan Shwini Ponappa.

Boe menggantikan posisi mantan pelatih ganda India asal Indonesia, Flandy Limpele, yang memilih mundur dari jabatannya lantaran alasan personal.

2. Chirag Shetty percaya diri hadapi Olimpiade dengan bimbingan Boe

Mathias Boe Latih Ganda Putra India untuk Olimpiade Tokyo 2020Chirag Shetty di Indonesia Masters 2020 (IDN Times/Kevin Handoko)

Kabar mendapatkan Mathias Boe sebagai pelatih baru menjadi kegembiraan tersendiri bagi Chirag Shetty.

Menurut Chirag Shetty, Boe dan Carsten Mogenson (pasangan ganda putranya) memiliki catatan baik dengan menutup pertandingan dengan ketat.

"Dia (Boe) adalah orang yang mengontrol service dan permainan net. Dan itu adalah area yang perlu kami kembangkan," ujar Chirag Shettu seperti dikutip dari laman resmi Olympic Channel (https://www.olympicchannel.com/) pada Jumat (29/1/2021).

"Bekerja sama dengan Boe akan memberikan kami kepercayaan diri yang besar secara psikologis," ujar dia lagi.

3. Sedikit tentang Mathias Boe

Mathias Boe Latih Ganda Putra India untuk Olimpiade Tokyo 2020bwfbadminton.com

Saat masih bermain sebagai atlet, Boe dikenal sebagai salah satu atlet yang paling banyak dibicarakan di Eropa. Terlebih soal kemampuan ciamiknya memainkan shuttlecock dan raket.

Boe berhasil meraih medali perak Olimpiade London 2012 dan dua gelar juara dari turnamen bulu tangkis tertua dunia, All England, serta medali perak di ajang World Badminton Championships 2013 sepanjang kariernya.

Boe memutuskan untuk pensiun dari bulu tangkis internasional pada 2020 lalu. Dia juga dulunya merupakan bagian dari Premier Badminton League yang berbasis di India.

Dia pernah berpasangan dengan Chirag Shetty di ajang tersebut untuk tim the Pune 7Aces.

Baca Juga: Bus Tak Kunjung Datang, Timnas Bulutangkis Telat Latihan

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya