Menerka Pendamping Rinov/Pitha di Piala Sudirman 2023

Siapa jadi ganda campuran kedua Indonesia?

Jakarta, IDN Times - Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) memang belum merilis resmi skuad yang akan dibawa ke Piala Sudirman 2023 mendatang. Namun, pasangan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari berpeluang besar jadi ujung tombak ganda campuran Merah-Putih di ajang yang akan berlangsung pada 14-21 Mei 2023 mendatang di Suzhou Olympic Sports Centre, Suzhou, China.

Hingga kini, PBSI baru merilis skuad untuk SEA Games 2023, yang akan berlangsung berdempetan dengan Piala Sudirman 2023. Kebetulan, Rehan/Lisa masuk ke dalam skuad dan didampingi Zachariah Josiahno Sumanti/Hediana Julimarbela.

Keputusan PBSI ini membuat banyak penikmat bulu tangkis jadi berusaha menerka siapa yang akan dipilih untuk mendampingi Rinov/Pitha saat mentas di Piala Sudirman 2023 nanti.

1. Adnan/Nita paling potensial

Menerka Pendamping Rinov/Pitha di Piala Sudirman 2023Adnan Maulana/Nita Violina Marwah (pbsi.id)

Adnan Maulana/Nita Violina Marwah bisa dibilang jadi salah satu opsi paling potensial yang mungkin akan dibawa PBSI untuk mendampingi Rehan/Lisa di Piala Sudirman 2023.

Adnan/Nita memang masih berada di peringkat 57 dunia. Posisi itu diraih keduanya usai naik 15 peringkat. Perlu diingat, keduanya baru dipasangkan pada pertengahan musim 2022 lalu.

Sebenarnya, mereka masih belum tinggi jam terbangnya, karena debut sebagai pasangan di Indonesia International Challenge. Masuknya pasangan ini membuka opsi bongkar pasang bagi skuad ganda campuran Indonesia di Piala Sudirman nanti.

Baca Juga: Piala Sudirman 2023: Indonesia Masuk Grup B

2. Masih ada Amri/Winny dan Jafar/Aisyah

Menerka Pendamping Rinov/Pitha di Piala Sudirman 2023Jafar Hidayatullah/Aisyah Salsabila Putri Pranata menjuarai ajang Vietnam International Challenge (dok. PP PBSI)

Adnan/Nita bukan satu-satunya opsi PBSI yang tersisa. Skuad Pelatnas juga masih punya pasangan Amri Syahnawi/Winny Oktavina Kandow yang kini menempati peringkat 43 dunia. Pasangan ini baru saja naik lima peringkat pekan ini.

Opsi lain yang juga tersaji adalah pasangan muda Jafar Hidayatullah/Aisyah Salsabila Putri Pranata. Pasangan peringkat 46 dunia ini sempat menjadi sorotan lewat performa apiknya saat debut di Indonesia Masters 2023 awal tahun lalu.

Pasangan Jafar/Aisyah juga baru memenangkan gelar dari Vietnam International Challenge 2023 pada akhir Maret 2023 lalu.

3. Dejan/Gloria dan Praveen/Melati

Menerka Pendamping Rinov/Pitha di Piala Sudirman 2023Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja ditemui di GOR Djarum Jakarta (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Meski bisa dibilang peluangnya tipis untuk masuk dalam skuad, namun nama dua pasangan non-pelatnas PBSI tak sepatutnya diabaikan dari perhitungan.

Dua pasangan binaan PB Djarum, Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja dan Praveen Jordan/Melati Deava Oktavianti bukan rahasia juga pasangan kuat di ganda campuran dunia.

Secara peringkat, Dejan/Gloria yang baru kurang lebih setahun dipasangkan sudah menembus daftar 20 besar dunia.

Sementara, juara All England 2020, Praveen/Melati tampak tengah dalam kebangkitan dengan performa mereka di tur Eropa lalu.

Baca Juga: Cerita Rinov Rivaldy Lawan Cedera dan Semangati Pitha yang Berduka!

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya