Menpora: Bonus Atlet ASEAN Para Games Setara SEA Games 2023

kontingen Indonesia jadi juara umum

Jakarta, IDN Times - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo, memastikan bonus yang diterima atlet ASEAN Para Games (APG) 2023 akan sama besarannya dengan atlet SEA Games 2023 Kamboja.

Sebagaimana diketahui, kontingen Indonesia dipastikan menjadi juara umum dari gelaran APG 2023. Sebanyak 133 keping medali emas diamankan skuad Garuda dari Kamboja hingga hari ini.

1. Bonus untuk atlet sama dengan atlet SEA Games 2023

Menpora: Bonus Atlet ASEAN Para Games Setara SEA Games 2023Menpora Dito Ariotedjo di kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Menpora Dito memastikan, besaran bonus prestasi dengan jumlah yang sama dengan yang didapatkan atlet SEA Games 2023 Kamboja lalu, merupakan arahan langsung dari presiden Joko “Jokowi” Widodo.

“Bonus sudah dinaikan per minggu lalu. Seperti SEA Games, untuk ASEAN Para Games juga akan dinaikkan,” ujar Dito dalam konferensi pers daring pada Kamis (8/6/2023).

Baca Juga: Menpora: Prestasi ASEAN Para Games 2023 Modal Bangun Olahraga Difabel

2. Capaian menembus target

Menpora: Bonus Atlet ASEAN Para Games Setara SEA Games 2023Kontingen Indonesia di ASEAN Para Games 2023 (dok. NPC Indonesia)

Capaian Indonesia ini melampaui target yang ditetapkan. Semula, skuad Garuda dicanangkan meraih minimal 121 keping medali emas dari Kamboja.

“Puji syukur karena apa yang kita cita-citakan dan harapan seluruh kontingen, pada malam ini bisa mencapai prestasi membanggakan. Kita sudah bisa mengunci juara umum, sekalipun menyisakan dua hari pertandingan,” ujar Chef de Mission (Cdm) Indonesia, Andi Herman dalam keterangan tertulis.

3. Indonesia jadi jaura umum APG 2023

Menpora: Bonus Atlet ASEAN Para Games Setara SEA Games 2023Kontingen Indonesia di ASEAN Para Games 2023 (dok. NPC Indonesia)

Kontingen Indonesia dipastikan menjadi juara umum ASEAN Para Games 2023. Secara total, 331 keping medali diamankan skuad Garusa per Kamis (8/6/2023) sore.

Indonesia menjadi juara umum mutlak dengan capaian 133 medali emas, 122 medali perak, dan 76 medali perunggu. Sementara, gelaran APG 2023 masih tersisa beberapa hari.

Namun, capaian skuad Garuda dipastikan tidak mampu dikejar kontingen negara lain dan membuat Indonesia memastikan diri hattrick sebagai yang terbaik di ASEAN Para Games.

Baca Juga: Keren! Indonesia Jadi Juara Umum ASEAN Para Games 2023

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya