Comscore Tracker

Peringkat BWF: Indonesia Kuasai Ganda Putra Dunia

Fajar/Rian punya catatan paling konsisten

Jakarta, IDN Times - BFW baru saja merilis perkembangan terbaru peringkat atlet bulu tangkis dunia dari berbagai sektor. Dalam rilis terbarunya, terlihat jika Indonesia berhasil menguasai sektor ganda putra.

Posisi lima besar ganda putra, mayoritas diisi pebulu tangkis Indonesia. Ada tiga ganda Indonesia yang nyaman bercokol di posisi teratas.

1. Kevin/Marcus masih digdaya

Peringkat BWF: Indonesia Kuasai Ganda Putra DuniaKevin Sanjaya/Marcus Gideon di Indonesia Open 2022. (IDN Times/ Reynaldy Wiranata)

Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon hingga kini masih menempati posisi teratas di ganda putra. Keduanya mengoleksi 111.827 poin dari 30 turnamen dalam setahun.

Kemudian, di posisi ketiga, Indonesia mengirimkan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan dengan catatan 104.195 poin dari 41 turnamen. Mereka berselisih 3.455 poin dari ranking dua asal Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi.

Pasangan Indonesia terakhir yang menempati lima besar ganda putra dunia adalah Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Keduanya ada di peringkat lima dengan catatan 86.855 poin.

Baca Juga: Kevin Sanjaya Lamar Putri Hary Tanoesoedibjo, She Said Yes!

2. Sederet ganda muda masih stagnan

Peringkat BWF: Indonesia Kuasai Ganda Putra DuniaPodium ganda putra bulu tangkis di SEA Games 2021 (Dok. PP PBSI)

Selain ketiga ganda di atas, Indonesia juga mengirimkan tiga pasangan muda yang masuk ke jajaran 25 besar dunia. Tapi, posisi mereka tak berubah sama sekali.

Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan masih nyaman duduk di ranking 14 dunia dengan capaian 64.197 poin. Sementara, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri berada di ranking 20 dengan 59.392 poin dan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin menguntit di belakang, mengoleksi 57.637 poin.

3. Fajar/Rian yang paling konsisten

Peringkat BWF: Indonesia Kuasai Ganda Putra DuniaFajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto juara di Swiss Open 2022 (Dok.PP PBSI)

Fajar/Rian terbilang paling konsisten hingga semester pertama 2022 lalu. Sebab, mereka mampu mengamankan tiga gelar juara.

Keduanya sukses juara di Swiss Open, Indonesia Masters, dan Malaysia Masters. Atas pencapaian itu, Fajar/Rian menempati posisi 11 pebulu tangkis dengan hadiah terbanyak di turnamen BWF hingga Juli 2022. Mereka sudah mengantongi 65.630 dolar Amerika Serikat atau setara dengan Rp983 juta.

Baca Juga: BWF Umumkan Jadwal Bulu Tangkis di Olimpiade Paris 2024

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya