Pon Papua 2021: Windy Cantika Sumbang Medali Emas untuk Jawa Barat 

Jawa Barat bersaing ketat dengan DKI Jakarta

Jakarta, IDN Times - Lifter putri Windy Cantika Aisah asal Jawa Barat meraih medali emas di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua di Auditorium Universitas Cendrawasih, Jayapura, Rabu (6/10/2021). 

Windy turun di kelas 49kg nomor pertandingan putri. Kelas yang sama juga diikutinya saat menjadi wakil Indonesia di ajang Olimpiade Tokyo 2020 pada Juli-Agustus 2021.

1. Capaian Windy di PON Papua

Pon Papua 2021: Windy Cantika Sumbang Medali Emas untuk Jawa Barat Lifter Indonesia, Windy Cantika Aisah (Instagram.com/windycantika11)

Windy meraih medali emas setelah membukukan total angkatan 192kg dengan snatch 87kg dan clean and jerk 105kg. Medali perak diraih Siti Nafisatul (Jawa Tengah) dengan catatan total angkatan 170kg (snatch 75kg, clean and jerk 95kg).

Sementara itu medali perunggu diamankan Riska Nur Amanda (Kalimantan Selatan) dengan total angkatan 167kg (snatch 76kg, clean and jerk 91kg).

Baca Juga: Perolehan Medali PON XX Papua: Jakarta Masih Digdaya

2. Jabar pepet DKI Jakarta di klasemen medali

Pon Papua 2021: Windy Cantika Sumbang Medali Emas untuk Jawa Barat Medali PON XX Papua 2021. Dok. PB PON

Medali emas Windy membuat Jawa Barat terus bersaing dengan DKI Jakarta dalam klasemen sementara perolehan medali PON XX Papua 2021.

Jawa Barat kini hanya teringgal satu medali emas dari DKI Jakarta. Sementara untuk medali perak, perunggu, bahkan total capaian medali, Jawa Barat unggul dibanding DKI.

Jawa Barat kini berada di peringkat kedua, disusul Jawa Timur diperingkat ketiga dan tuan rumah Papua di peringkat keempat.

3. Windy pernah menyumbang medali emas di Olimpiade Tokyo 2020

Pon Papua 2021: Windy Cantika Sumbang Medali Emas untuk Jawa Barat Lifter Indonesia, Windy Cantika Aisah, saat mengangkat beban di Olimpiade Tokyo 2020 / Dokumentasi NOC Indonesia

Windy Cantika Aisah merupakan salah satu lifter Indonesia yang diturunkan di ajang Olimpiade Tokyo 2020 pada Juli-Agustus.

Saat itu Windy menjadi wakil Indonesia pertama yang membawa medali dengan capaian medali Perunggu di nomor pertandingan putri kelas 49kg.

Windy memiliki total angkatan 194kg kala itu dengan catatan snatch 84kg dan clean and jerk 110kg.

Baca Juga: Hasil Bulu Tangkis PON Papua: 4 Provinsi Raih Hasil Sempurna

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya