Profil Bilqis Prasista: Anak Legenda, Harapan Tunggal Putri Indonesia

Bilqis merupakan putri Joko Supriyanto dan Zelin Resiana

Jakarta, IDN Times - Nama tunggal putri muda Indonesia, Bilqis Prasista, jadi sorotan. Performa apiknya di Uber Cup 2022 membuat namanya jadi perbincangan.

Puncaknya, ketika Bilqis sukses menumbangkan tunggal putri ranking satu dunia asal Jepang, Akane Yamaguchi di Impact Arena, Bangkok, Thailand, Kamis (12/5/2022). Hal itu semakin menunjukkan jika dia merupakan pemain muda potensial.

Menariknya, bakat Bilqis Prasista ternyata lahir dari kedua orang tuanya. Sebab, fakta membuktikan bahwa Bilqis merupakan putri dari pasangan legenda bulu tangkis Indonesia, Joko Suprianto dan Zelin Resiana.

1. Putri pasangan Joko Supriyanto dan Zelin Resiana

Profil Bilqis Prasista: Anak Legenda, Harapan Tunggal Putri IndonesiaJoko Supriyanto (ANTARA FOTO/Ismar Patrizki)

Bakat Bilqis turun dari ayahnya bernama Joko Suprianto dan ibunya yang bernama Zelin Rasiana. Kedua orangtua Bilqis punya kiprah sukses di ajang Thomas dan Uber Cup pada zamannya.

Joko masuk dalam skuad Indonesia yang membawa pulang gelar juara Thomas Cup sebanyak 4 kali pada 1994, 1996, 1998, dan 2000.

Sementara, sang bunda, Zelin Resiana juga masuk dalam skuad pelatnas yang sukses bawa pulang 2 gelar juara Uber Cup pada 1994 dan 1996.

2. Catatan prestasi Bilqis Prasista

Profil Bilqis Prasista: Anak Legenda, Harapan Tunggal Putri IndonesiaTunggal putri, Bilqis Prasista di Uber Cup 2022 (dok. PP PBSI)

Bilqis punya kembaran bernama Bilqis Pratista. Keduanya tergabung dalam klub PB Djarum sejak 2018 lalu.

Dilansir laman PB Djarum, Bilqis Prasista sudah mencatat sederet prestasi sepanjang karirnya. Berikut catatan prestasi Bilqis Prasista:

- Juara Badminton Asia Team Championship 2022 (beregu putri)
- Juara Bangladesh Junior International Series 2021 (tunggal putri)
- Semifinalis Bangladesh International Challenge 2021 (tunggal putri)
- Semifinalis Finnish Junior 2021 (tunggal putri)
- Runner up Denmark Junior 2021 (tunggal putri)
- Semifinalis Badminton Asia Junior Championships 2019 (tunggal putri U17)
- Juara Jakarta Junior International Series 2019 (tunggal putri U17)
- Juara Djarum Sirnas Sumatera Selatan Open 2019 (tunggal remaja putri)

Baca Juga: [BREAKING] Bilqis Prasista Kalahkan Akane Yamaguchi di Piala Uber 2022

3. Debutan di Uber Cup 2022

Profil Bilqis Prasista: Anak Legenda, Harapan Tunggal Putri IndonesiaTunggal putri, Bilqis Prasista di Uber Cup 2022 (dok. PP PBSI)

Bilqis merupakan pemain debutan di ajang Uber Cup 2022. Sista, begitu Bilqis Prasista akrab disapa, masuk dalam daftar skuad Srikandi Muda Indonesia di ajang Uber Cup 2022.

Pada Februari 2022 lalu, Bilqis Prasista masuk dalam skuad beregu putri Indonesia di ajang Kejuaraan Beregu Asia (BATC) 2022. Kala itu, Bilqis Prasista dan rekan-rekan sukses membawa pulang gelar juara untuk Merah-Putih.

4. Kalahkan Akane Yamaguchi

Profil Bilqis Prasista: Anak Legenda, Harapan Tunggal Putri IndonesiaTunggal putri, Bilqis Prasista di Uber Cup 2022 (dok. PP PBSI)

Di babak terakhir penyisihan Grup A Uber Cup 2022, Bilqis memberi kejutan besar. Walau duduk di ranking 333 dunia, dia mampu mematahkan prediksi banyak orang dengan mengalahkan pemain ranking satu dunia asal Jepang, Akane Yamaguchi.

Tak tanggung-tanggung, Bilqis menang dua game langsung dengan skor kembar, 21-19, 21-19. Catatan positif itu membuat Bilqis sukses memenangkan seluruh pertandingan yang dijalaninya hingga babak penyisihan grup usai.

Di laga kontra Jerman dan Prancis, Bilqis Prasista sukses sempurnakan kemenangan Indonesia setelah turun di partai kelima. Indonesia menang 5-0 masing-masing kontra Jerman dan Prancis.

Saat berhadapan dengan Jepang, kemenangan Bilqis Prasista jadi satu-satunya skor yang dimiliki Srikandi Muda setelah akhirnya takluk 1-4 kontra Jepang.

Baca Juga: [BREAKING] Bilqis Sempat Mengejutkan, Indonesia Runner Up Grup A Piala Uber 2022

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya