Rinov/Pitha Lolos ke Perempat Final Korea Open 2022, Nyaris Tumbang!

Rinov/Pitha susul Adnan/Mychelle

Jakarta, IDN Times - Ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtas Mentari, berhasil lolos dari lubang jarum. Rinov/Pitha yang sempat tertekan, pada akhirnya mampu melaju ke perempat final Korea Open 2022.

Rinov/Pitha harus bersusah payah saat berduel melawan ganda Korea Selatan, Dong Ju Ki/Kim Hyerin, di Palma Stadium, Suncheon, Kamis (7/4/2022). Mereka pada akhirnya menang dengan skor 21-14, 19-21, 26-24, atas Ki/Hyerin. 

1. Rinov/Pitha kecolongan di game kedua

Rinov/Pitha Lolos ke Perempat Final Korea Open 2022, Nyaris Tumbang!Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari di Simulasi Olimpiade Tokyo 2020 oleh PBSI (dok. IDN Times/PBSI)

Rinov/Pitha bermain apik di game pertama. Tak sekalipun pasangan tuan rumah mampu mengejar skor Rinov/Pitha.

Rinov/Pitha sempat memimpin jauh dengan skor 15-4. Di skor ini, beberapa kali Rinov/Pitha kecolongan poin. Game pertama berakhir dengan kemenangan Rinov/Pitha dengan skor 21-14.

Pada game kedua, Rinov/Pitha kecolongan. Ki/Hyerin terus menyerang dan ambil alih kendali permainan hingga memimpin 15-10. Berusaha mengejar ketertinggalan, Rinov/Pitha pada akhirnya harus keok 19-21 di game kedua.

Game penentuan terpaksa dijalankan. Laga berlangsung ketat. Kejar-kejaran poin berlangsung di game terakhir. Rinov/Pitha mencapai match point 20-19. Namun, Kim/Hyerin sukses mengimbanginya hingga sempat deuce 24-24. Beruntung Rinov/Pitha segera amankan dua poin kemenangan dan melaju ke perempat final dengan kemenangan 26-24 di game ketiga.

Baca Juga: [BREAKING] Fikri/Bagas Melaju ke Perempat Final Korea Open Usai Libas Prayer

2. Kunci kemenangan Rinov/Pitha: Mindset

Rinov/Pitha Lolos ke Perempat Final Korea Open 2022, Nyaris Tumbang!Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari lolos ke babak semifinal SEA Games 2019 (IDN Times/PBSI)

Rinov/Pitha mengaku mengurangi tempo permainan di game kedua. Strategi ini justru bikin susah Rinov/Pitha dan membuat Ki/Hyerin menemukan momentum kebangkitan.

Pada akhirnya, di game ketiga, Rinov/Pitha kembali menerapkan pola permainan yang serupa dengan game pertama dan bermain lebih nekat.

Pola pikir ternyata jadi kunci penting bagi Rinov/Pitha untuk memenangkan laga ini. Wajar saja, rasa kecewa pasti ada di keduanya jika mengingat deretan hasil pertandingan turnamen eropa yang diikuti sejak awal Maret 2022 lalu.

"Agak jatuh pasti, tapi kami berusaha melupakan dan fokus lagi. Tidak mudah memang, tapi kami mau coba terus. Lebih ke pola pikir sih," kata Pitha dalam keterangan resmi PBSI usai pertandingan, Kamis (7/4/2022).

3. Ada dua ganda campuran di perempat final Korea Open

Rinov/Pitha Lolos ke Perempat Final Korea Open 2022, Nyaris Tumbang!Adnan Maulana/Mychelle Chrystine Bandaso (https://bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Kemenangan Rinov/Pitha menyusul keberhasilan rekan sepelatnas mereka, Adnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandaso yang sudah lebih dulu lolos ke perempat final.

Bertanding di lapangan yang sama, Adnan/Mychelle tumbangkan wakil tuan rumah lainnya, Tae Yang Shin/Chang Ye Na, dalam rubber game dengan skor 12-21 21-10 21-9.

Rinov/Pitha dan Adnan/Mychelle memastikan Indonesia masih punya dua wakil ganda campuran di perempat final BWF Super 500 Korea Open 2022.

Baca Juga: Adnan/Mychelle dan Shesar Hiren ke Perempat Final Korea Open 2022

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya