Comscore Tracker

Siti Nafisatul Hariroh Sumbang Emas Pertama untuk Indonesia di ISG 

Siti sumbang tiga medali emas untuk Merah-Putih

Jakarta, IDN Times - Kabar baik datang dari skuad Indonesia yang berlaga di ajang Islamic Solidarity Games (ISG) 2021 Konya. Lifter putri Indonesia, Siti Nafisatul Hariroh sukses sapu bersih tiga medali emas dari kelas 45 kg putri usai tampil di Konya International Fair Center, Kamis (11/8/2022) waktu setempat.

Siti tampil memukau dengan membukukan total angkatan 159 kg (snatch 71kg dan clean and jerk 88 kg) dan sukses meraih tiga medali emas di setiap angkatan.

Capaian ini seolah melepas dahaga medali emas tim Indonesia di ISG 2021 yang berlangsung tahun ini.

1. Tampil unggul sejak angkatan pertama

Siti Nafisatul Hariroh Sumbang Emas Pertama untuk Indonesia di ISG Siti Nafisatul Hariroh rebut medali emas dari Islamic Solidarity Games 2021. (dok. Konya 2021)

Siti tampil unggul ketika memulai percobaan angkatan snach pertamanya yaitu 66 kg. Pada pencobaan kedua, tim pelatih memberi tambahan 3 kg untuk Siti yang kembali berhasil diangkat olehnya.

Siti menyempurnakan angkatan snacth-nya di percobaan ketiga karena sukses mengangkat 71 kg dan memperkuat posisi di antara para persaingnya.

Siti menambah keunggulan lewat angkatan clean and jerk. Siti berhasil mengangkat 85 kg pada percobaan pertama dan 88 kg di percobaan kedua.

Percobaan ketiga, Siti menargetkan angka 91 kg namun belum berhasil melakukan pengangkatan.

Baca Juga: Mengenal Dirja Wihardhja, Pencetak Lifter Dunia

2. Sumbang emas pertama untuk Indonesia

Siti Nafisatul Hariroh Sumbang Emas Pertama untuk Indonesia di ISG Siti Nafisatul Hariroh rebut medali emas dari Islamic Solidarity Games 2021. (dok. Konya 2021)

Medali perak dari kelas 45 kg putri diraih wakil tuan rumah Cansu Bektas dengan total angkatan 151 kg (snatch 65kg dan clean and jerk 86 kg). Sedangkan, medali perunggu diamankan lifter Azerbaijan Nabila Ismayilova yang membukukan 121 kg (snatch 54 kg dan clean and jerk 121 kg).

“Perasaan saya sangat senang bisa meraih medali emas pertama untuk Indonesia dan hasil ini tidak saya duga karena saya tak pernah menyangka bisa mendapatkan medali emas. Ini saya persembahkan untuk Indonesia, orang tua, dan pelatih saya,” kata Siti mengutip keterangan tertulis NOC Indonesia, Jumat (12/8/2022).

3. Tiga medali perunggu diraih lifter putra Indonesia

Siti Nafisatul Hariroh Sumbang Emas Pertama untuk Indonesia di ISG Satrio Adi Nugroho raih medali perunggu dari ajang Islamic Solidarity Games (ISG) 2021. (dok. Konya 201)

Tambahan medali dari cabor angkat besi juga dipersembahkan lifter putra Indonesia, Satrio Adi Nugroho berhak. Turun di kelas 55 kg putra, Satrio meraih tiga medali perunggu.

Satrio membukukan total angkatan 244 kg (snatch 110 kg dan clean and jerk 134 kg). Dari kelas tersebut, dua medali emas diraih wakil Kazakhstan, Arli Chontey dengan total angkatan 253 kg dan clean and jerk 139 kg serta satu perak untuk angkatan snatch 114 kg.

Lifter Arab Saudi, Mansour Alsaleem mendapat satu emas di angkatan snatch 115 kg dan dua perak untuk angkatan clean and jerk 137 kg dan total angkatan 252 kg.

Baca Juga: Cerita Rizky Juniansyah, Lifter Banten yang Cetak Rekor Dunia

Topic:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya