Tarik Mundur 3 Wakil dari Kejuaraan Dunia, Rionny: Memang Tidak Siap!

Shesar Hiren dkk ditarik mundur dari Kejuaraan Dunia 2022

Jakarta, IDN Times - Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Rionny Mainaky blak-blakan soal alasan ditarik mundurnya tiga wakil Indonesia dari ajang Kejuaraan Dunia 2022. Para pemain dianggap tidak siap untuk mengikuti kejuaraan yang berlangsung di Tokyo, Jepang pada 22-28 Agustus 2022 mendatang tersebut.

Shesar Hiren Rhustavito (tunggal putra), Adnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandaso (ganda campuran), dan Putri Syaikah/Nita Violina Marwah (ganda putri) mundur dari Kejuaraan Dunia 2022.

"Ya, ketiga pemain tersebut sudah pasti kita tarik dari Kejuaraan Dunia. Ini karena mereka sebelumnya memang saya targetkan kalau dalam dua minggu terakhir ini mereka tidak bisa ke lapangan dengan program full, maka kita tarik, karena mereka tidak siap untuk bertanding," kata Rionny dalam keterangan tertulis, Senin (8/8/2022).

1. Mychelle tak siap jalani pertandingan

Tarik Mundur 3 Wakil dari Kejuaraan Dunia, Rionny: Memang Tidak Siap!Adnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandaso di Indonesia Open 2021 (Dok.Humas PP PBSI-Indonesia)

Rionny mengatakan, hasil terapi yang dijalani Mychelle imbas cedera yang dialaminya berbuah baik. Mychelle dikabarkan sudah mencoba berlatih di Pelatnas PBSI Cipayung meski belum bisa bergerak normal.

"Jadi dia harus terapi lagi, tapi saya rasa itu sudah maksimal. Kalau dalam sepuluh hari mereka tidak bisa ikut program yang full, saya anggap mereka tidak siap. Juga saya tanya kembali ke pemain, Mychelle menyebut memang tidak siap bertanding. Jadi kita tarik dari Kejuaraan Dunia 2022," kata Rionny.

Baca Juga: 3 Wakil Indonesia Mundur dari Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022

2. Nita/Chika kurang persiapan

Tarik Mundur 3 Wakil dari Kejuaraan Dunia, Rionny: Memang Tidak Siap!Ganda putri junior PBSI, Putri Syakiah/Nita Violina di ajang Kejuaraan Dunia Junior 2019. IDN Times/PBSI

Selama dua bulan terakhir, cedera lutut yang dialami Putri Syaikah yang akrab disapa Chika, terbilang membaik. Chika dikabarkan juga sudah mencoba joging dan berlatih kembali.

Kondisi Chika semat memberi harapan bagi PBSI. Namun, kurangnya persiapan Chika membuat namanya dan Nita Violina terpaksa ikut dicoret.

"Untuk level pertandingan internasional atau Kejuaraan Dunia, dengan persiapan hanya dua minggu, meski kita paksakan saya rasa tidak mungkin. Dan atletnya pun sudah menyerah karena tidak sanggup," kata Rionny.

3. Apa kabar Vito?

Tarik Mundur 3 Wakil dari Kejuaraan Dunia, Rionny: Memang Tidak Siap!Shesar Hiren Rhustavito di Indonesia Open 2021. (dok. Humas PP PBSI)

Usai cedera saat jalani laga di Malaysia Masters 2022, tunggal putra Shesar Hiren Rhustavito terbilang sudah membaik keadaannya. Vito disebut sudah menjalani latihan penguatan.

Namun, atlet yang baru melangsungkan pernikahannya pada akhir pekan lalu ini ternyata belum masuk lapangan untuk berlatih sejak dua minggu lalu.

"Walaupun hanya untuk mencoba, dia tetap tidak bisa. Jadi kita menilai Vito tidak siap bertanding. Ketika kita tanya, atletnya pun merasa tidak siap. Maka kita tarik mundur juga," kata Rionny.

Baca Juga: 3 Wakil Indonesia Mundur dari Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya