Tembus 10 Besar Dunia, Leo/Daniel: Gak Gampang!

Leo/Daniel tak mau berpuas diri dengan capaian yang ada

Jakarta, IDN Times - Ganda putra muda Indonesia, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin menembus ranking 10 besar dunia pekan ini. Menurut mereka, pencapaian ini bukan hal yang mudah.

"Bersyukur bisa masuk top 10. Kan gak gampang," ujar Leo di Pelatnas PBSI Cipayung pada Rabu (8/2/2023).

Dua gelar juara beruntun yang diraih Leo/Daniel membawa pasangan yang akrab disapa The Babies itu menjadi ganda putra Indonesia ketiga yang masuk dalam jajaran sepuluh besar.

1. Tak mau berpuas diri

Tembus 10 Besar Dunia, Leo/Daniel: Gak Gampang!Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin di semifinal Singapore Open 2022 (Dok. PP PBSI)

Leo/Danile mengumpulkan 60.777 poin dari 15 turnamen yang diikuti. Capaian ini membawa keduanya naik tiga peringkat dan menduduki ranking 10 ganda putra dunia. Namun demikian, dia ogah berpuas diri setelah mencapai titik ini.

"Tapi selisih poin sama yang ranking sebealsnya cuma sedikit, kami harus fokus lagi buat turnamen ke depan selanjutnya, jadi kita harus latihan lebih giat lagi," kata Leo.

Saat ini, peringkat sebelas ditempati pasangan Korea Selatan, Choi Sol Gyu/Kim Won Ho yang meraih 60.531 poin dari 14 turnamen yang sudah dilakoni.

Baca Juga: Leo/Daniel Dua Kali Selamatkan Wajah Ganda Putra Indonesia

2. Sabet dua gelar beruntun di 2023

Tembus 10 Besar Dunia, Leo/Daniel: Gak Gampang!Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin (instagram.com/badminton.ina)

Leo/Daniel menjadi sorotan setelah sukses mengamankan gelar secara beruntun di dua turnamen terakhir. Gelar pertama diraih The Babies dari ajang BWF Super 500 Indonesia Masters 2023 di Istora Senayan, Jakarta.

Sepekan setelahnya, kekuatan performa Leo/Daniel belum bisa dibendung. Leo/Daniel kembali mengamankan gelar juara. Kali ini dari ajang BWF Super 300 Thailand Masters 2023.

Ini jadi awal yang manis bagi Leo/Daniel membuka musim 2023. Terlebih menginat gelar Indonesia Masters 2023 menjadi gelar perdana mereka di Istora Senayan Jakarta.

3. Ranking ganda putra Indonesia

Tembus 10 Besar Dunia, Leo/Daniel: Gak Gampang!Podium ganda putra di Singapore Open 2022 (Dok. PP PBSI)

Indonesia punya enam pasangan yang menempati ranking 20 besar ganda putra dunia versi BWF pekan ini.

Leo/Daniel menjadi ganda putra Indonesia ketiga di jajaran sepuluh besar dunia. Peringkat pertama masih kukuh diraih Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (91.455 poin dari 19 turnamen).

Di ranking ketiga, ada pasangan senior Indonesia, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan (80.225 poin dari 18 turnamen). Mendekati posisi Leo/Daniel, ada pasanga Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri di peringkat 12 (58.482 poin dari 21 turnamen).

Pasangan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon masih tertahan di peringkat 19 (49.180 poin dari sembilan turnamen). Disusul pasangan muda, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan di peringkat 20 (47.667 poin dari sepuluh turnamen).

Baca Juga: Soal Kans Tampil di Olimpiade 2024, Leo/Daniel Optimistis

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya