Tercepat Kedua di Indonesia, Perenang Ini Incar Emas SEA Games

Gagarin targetkan rekornas di SEA Games

Jakarta, IDN Times - Perenang nasional spesialis gaya dada, Gagarin Nathaniel Yus, menuai pujian dari pelatihnya usai jalani time trial hari pertama seleksi nasional. Gagarin pecahkan rekor pribadinya dan menjadi perenang kedua Indonesia yang menempuh waktu di bawah 28 detik, pada nomor 50 meter gaya dada putra.

Ini menjadi rekor baru bagi Gagarin. Dia memecahkan rekor pribadinya yang dan menjadi orang kedua Indonesia tercepat di gaya dada.

1. Catatan sejarah Gagarin

Tercepat Kedua di Indonesia, Perenang Ini Incar Emas SEA GamesAtlet renang Indonesia, Gagarin Nathaniel Yus. (dok. NOC Indonesia)

Pada time trial seleknas jelang SEA Games 2021, Gagarin mencatat waktu 28,14 detik pada babak penyisihan. Kemudian, saat semifinal dia menorehkan waktu 28,1 detik. Pencapaian terbaiknya ada di final dengan catatan 27,9 detik.

Atas hasil tersebut, Gagarin menjadi orang kedua Indonesia setelah Indra Gunawan yang mencatat waktu di bawah 28 detik. Tepatnya, dengan rekor nasional 27,82 detik dan diciptakan Indra Gunawan pada 13 tahun lalu.

Catatan ini melampaui peraih medali emas nomor 50 meter gaya dada putra di ajang SEA Games 2019 Filipina, yang diraih perenang Singapura, Lionel Khoo, dengan catatan 28,15 detik.

Baca Juga: Timnas U-23 Diperkuat 3 Pemain Luar Negeri di SEA Games 2021

2. Gagarin bisa targetkan memecahkan rekor nasional

Tercepat Kedua di Indonesia, Perenang Ini Incar Emas SEA GamesIlustrasi atlet renang (ANTARA FOTO/Novrian Arbi)

Tampil impresif di time trial, Gagarin punya misi sendiri untuk berlaga di SEA Games 2021 nanti. Dia ingin meraih medali emas dan mencatatkan rekor nasional yang baru.

"Harapannya udah pasti emas, sama rekornas. Sedikit lagi hampir rekornas yang dari 2009. Sudah 13 tahun, itu belum terpecahkan," kata Gagarin.

3. Puja-puji pelatih untuk Gagarin

Tercepat Kedua di Indonesia, Perenang Ini Incar Emas SEA GamesAtlet renang Indonesia, Gagarin Nathaniel Yus. (dok. NOC Indonesia)

Puja-puji dilontarkan pelatih renang Indonesia asal Australia, Michael Piper. Menurut Michael, anak asuhnya kini semakin kuat usai menjalani time trial tiga bulan lalu.

"Terutama Gagarin, yang menunjukan kemajuan pesat dan berenang cepat sehingga melampaui catatan waktu medali emas di SEA Games 2019," kata Michael.

Baca Juga: Viral Surat Terbuka Pesenam Indonesia Gagal ke SEA Games 2021

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya