Comscore Tracker

Tim Catur Tambah Medali Emas Indonesia di SEA Games 2021

Emas kedua dari cabor catur untuk Indonesia

Jakarta, IDN Times - Kontingen Indonesia kembali menambah medali emas dari ajang SEA Games 2021. Kali ini giliran tim catur yang membawa pulang emas pada Kamis (19/5/2022).

Turun di nomor rapid putri, skuad Indonesia mengamankan medali emas usai menang tiebreak (TB) 2 melawan tuan rumah, Vietnam. Pertandingan berlangsung di Gedung Quang Ninh Exhibition Center, Halong City, Vietnam.

1. Samakan kedudukan dengan tuan rumah

Tim Catur Tambah Medali Emas Indonesia di SEA Games 2021Logo SEA Games 2021 dengan bendera-bendera negara peserta / Website resmi SEA Games 2021

Indonesia menurunkan IM Medina Warda Aulia dan WIM Ummi Fisabilillah dalam babak kelima catur cepat tim putri. Skuad Garuda menang 1,5-0,5 melawan Thailand.

Total poin Indonesia mencapai 6,0. Hasil ini membawa Indonesia menyamai total poin tuan rumah di babak terakhir yang menang mutlak melawan Malaysia.

Baca Juga: [BREAKING] Panahan Raih Medali Emas ke-5 di SEA Games 2021

2. Indonesia menang dari perhitungan tiebreak

Tim Catur Tambah Medali Emas Indonesia di SEA Games 2021Medina Warda Aulia di Ajang Philippines 30th Sea Games 2019. (instagram.com/medinawarda/)

Dengan catatan tersebut, pemenang ditentukan melalui TB2 dengan perhitungan tim pemenang mendapat skor 2, seri 1, dan kalah 0.

Bermain dalam 4 babak dengan sistem round-robin, duet Medina dan Ummi mencatat 3 kemenangan dan 1 kali seri saat hadapi Filipina dan mencatat skor 7.

Sementara itu, Vietnam mencatat tiga kemenangan dan satu kekalahan melawan Indonesia di babak kedua.

Dilansir ANTARA, Indonesia mengambil satu poin saat hadapi Thailand berkat kemenangan Medina dan tambahan 0,5 poin dari hasil remis WIM Ummi Fisabilillah dengan CM Melita Sunan Buhagiar.

3. Catatan sumbangan medali tim catur Indonesia

Tim Catur Tambah Medali Emas Indonesia di SEA Games 2021Pecatur muda Indonesia, Irene Kharisma Sukandar. (Instagram/@irene_sukandar)

Secara total, tim catur Indonesia sudah menyumbang dua medali emas di SEA Games 2021. Medali emas pertama disumbangkan WIM Dewi AA Citra di nomor catur standar.

Selain itu, dua medali perak juga disumbangkan IM Irene Kharisma Sukandar dari nomor standar putri dan IM Mohamad Ervan di nomor standar putra.

Medali perunggu dari cabor catur disumbangkan GM Susanto Megaranti dari nomor catur cepat perseorangan putra.

Baca Juga: Tangis Haru Odekta Naibaho Usai Sukses Raih Emas di SEA Games 2021

Topic:

  • Margith Juita Damanik
  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya