Tribute PBSI untuk Nova Widianto

PBSI tegaskan Nova keluar baik-baik

Jakarta, IDN Times - Pengurus Pusat Persatuan Bulu tangkis Seluruh Indonesia pada akhirnya harus melepas Nova Widianto. Mereka mengaku tak mau menghalangi Nova yang memilih cabut untuk membesut ganda campuran Malaysia.

Secara resmi, Nova mengirimkan surat kepada PBSI sejak awal Desember 2022. Per 1 Januari 2023 nanti, Nova baru efektif menjadi pelatih ganda campuran Malaysia. Tentu, ini perpisahan yang begitu berat.

1. Tribute PBSI buat Nova

Tribute PBSI untuk Nova WidiantoPelatih kepala ganda campuran PBSI, Nova Widianto (dok. PP PBSI)

Berat memang, karena Nova sudah 11 tahun membesut ganda campuran Indonesia. Setelah sempat kesulitan buat menemukan penerus Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, ada harapan di pundak Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas, dengan arahan Nova.

Ketika performa Rinov/Pitha meningkat, Nova malah cabut. Kini, Rinov/Pitha harus dibesut oleh pelatih lain.

"Terima kasih atas dedikasi dan kerja keras coach Nova dalam ikut memajukan dan meningkatkan prestasi bulu tangkis Indonesia, terutama di sektor ganda campuran," kata Ketua Harian PP PBSI, Alex Tirta, dalam keterangan tertulis.

Baca Juga: Curhat Nova Widianto Tinggalkan PBSI Demi Cabut ke Malaysia

2. PBSI hormati keputusan Nova

Tribute PBSI untuk Nova WidiantoMantan pelatih ganda campuran Indonesia, Nova Widianto (IDN Times / Margith Juita Damanik)

Alex menyatakan Nova sudah bicara langsung dengannya. Ketika mendengar penjelasan Nova, Alex tak bisa menghalangi dan menghormati keputusannya.

"Saya menghormati dan menghargai segala keputusan coach Nova yang memilih mengundurkan diri dari pelatnas untuk meneruskan karier kepelatihannya di luar negeri. Saya tentu tidak bisa menolak keputusan bulat coach Nova," kata Alex.

3. Nova keluar baik-baik dari PBSI

Tribute PBSI untuk Nova Widiantobadmintonindonesia.org

PBSI menegaskan, Nova memutuskan mengundurkan diri secara baik-baik. Menurut PBSI, selama 11 tahun berkarya sebagai pelatih, rapor Nova semuanya baik dan tidak ada masalah.

"Coach Nova memutuskan mengundurkan diri secara baik-baik. Tidak ada konflik atau masalah yang menyertai pengunduran dirinya. Makanya, pengunduran dirinya saya terima," kata Alex.

Baca Juga: Alasan Nova Widianto Pindah ke BAM Ketimbang Bertahan di PBSI

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya