Tutup Time Trial Jelang SEA Games, Timnas Renang Catat Progres

Belum ada rekornas yang terpecahkan

Jakarta, IDN Times - Timnas renang Indonesia menutup time trial pada Sabtu (23/4/2022). Agenda itu digelar dalam rangka persiapan jelang SEA Games 2021 yang akan berlangsung pada 12-23 Mei 2022 mendatang di Hanoi, Vietnam.

Secara individual, Kepala pelatih Timnas Renang Indonesia, Albert C Sutanto, merasa anak asuhnya banyak menunjukkan kemajuan meski belum bisa memecahkan rekor nasional.

"Kita banyak personal base yang diperbaiki. Artinya kita banyak progres. Cuma memang belum terjadi pemecahan rekor nasional ya disini," ujar Albert ditemui usai time trial di Stadion Akuatik GBK, Jakarta, Sabtu (23/4/2022).

1. Indonesia masih berada di posisi teratas Asia Tenggara di empat nomor pertandingan

Tutup Time Trial Jelang SEA Games, Timnas Renang Catat ProgresTime trial timnas renang Indonesia jelang SEA Games 2021 (Dok. PRSI)

Menurut Albert, ada empat nomor yang kini diamankan skuad Indonesia secara matrix. Mulai dari nomor 100m gaya punggung putri, 100m gaya punggung putra, 50m gaya punggung putra dan 50m gaya dada putra.

Albert menyebut, Indonesia kini berada di peringkat pertama dari keempat nomor pertandingan tersebut se-Asia Tenggara.

"Di empat nomor itu memang saat ini, karena kita masih belum bisa memantau Thailand dan Vietnam, so far dari hasil-hasil lomba di Malaysia maupun di Singapura, kita sementara ada di posisi paling atas," ujar Albert.

Baca Juga: Perenang Indonesia Punya Asa Sabet Medali Emas di SEA Games 2021

2. Catatan pelatih hari di time trial pelatnas renang

Tutup Time Trial Jelang SEA Games, Timnas Renang Catat ProgresKepala pelatih timnas renang Indonesia, Albert C. Sutanto (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Albert mengakui jika masih banyak hal yang akan diperbaiki dari skuadnya. Termasuk sederet atlet yang dinilai kurang keluar tenaganya dalam menjalani time trial kali ini.

Sederet atlet lain yang sudah bagus catatannya akan mendapa maintaining dari tim pelatih. Termasuk Farrel Armandio dan Gagarin Nathaniel Yus.

"Kemudian yg sudah bagus kita hanya akan maintaining aja. Termasuk Farrel dan Gagarin di kompetisi ini yang menjadi top-nya," ujar Albert.

Albert juga menyoroti nama Joe Aditya yang dianggap menunjukkan progres apik sebagai perenang muda.

3. Ada perubahan dalam daftar pemain timnas renang di SEA Games 2021

Tutup Time Trial Jelang SEA Games, Timnas Renang Catat ProgresTime trial timnas renang Indonesia jelang SEA Games 2021 (Dok. PRSI)

Timnas renang Indonesia sudah punya catatan pertama daftar nama yang akan dibawa ke ajang SEA Games 2022. Sebanyak 16 atlet terbaik akan diturunkan.

Dari daftar nama yang ada, Albert mengatakan akan ada sedikit perubahan dalam daftar.

"Mungkin ada perubahan satu orang ya. Kita gak tau. Satu atau dua orang saya juga belum tahu karena kita harus diskusi dengan Michael Piper kebetulan kita harus memutuskan ini malam ini," ujar Albert.

Tim pelatihan akan mengadakan rapat tertutup dengan untuk menentukan siapa 16 orang yang akan terpilih masuk dalam tim.

Baca Juga: Timnas Renang Indonesia Tiru Latihan Amerika Serikat

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya