Ujian Perdana Indra Wijaya: Kejuaraan Asia 2023

Tiga wakil tunggal putri Indonesia turun di BAC 2023

Jakarta, IDN Times - Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2023 akan menjadi tantangan pertama buat Indra Wijaya bersama tunggal putri Indonesia. Turnamen yang digelar di Dubai, Uni Emirat Arab, 25 hingga 30 April 2023 tersebut, bisa menjadi momen pembuktian buat Indra.

Kedatangan Indra ke pelatnas Cipayung bisa dikatakan angin segar buat sektor tunggal putri. Diharapkan, pengalaman Indra melatih di luar negeri, bisa membangkitkan gengsi dari tunggal putri yang belakangan redup.

1. Cuma mau all out di ujian pertama

Ujian Perdana Indra Wijaya: Kejuaraan Asia 2023Gregoria Mariska Tunjung di hari ketiga babak penyisihan grup BWF World Tour Finals 2022 (dok. PP PBSI)

Ada tiga tunggal putri yang akan berlaga di Kejuaraan Asia nanti. Mereka adalah Gregoria Mariska Tunjung, Putri Kusuma Wardani, dan Komang Ayu Cahya Dewi. Indra tak memasang target tinggi. Dia hanya berharap ketiganya bisa tampil maksimal di Kejuaraan Asia.

"Saya berpesan semoga anak-anak bisa tampil all out, maksimal," kata Indra mengutip rilis resmi PBSI.

2. Ketiga Srikandi Indonesia dapat lawan yang berat

Ujian Perdana Indra Wijaya: Kejuaraan Asia 2023Putri Kusuma Wardani di Malang Indonesia International Challenge 2022 (dok.PP PBSI)

Wajar Indra tak membebankan target tinggi ke anak-anak asuhnya. Meski lawan di babak pertama tak terlalu berat, tapi ada potensi kalau ketiganya jumpa dengan sejumlah bintang.

Gregoria memulai kiprahnya di Kejuaraan Asia dengan menghadapi tunggal Taiwan, Pai Yu Po, di babak 32 besar. Sementara, Putri KW harus menghadapi Sung Shuo Yun (Taiwan). Dilihat dari bagan, Putri KW bisa saja jumpa Akane Yamaguchi setelah mengalahkan Sung. Kemudian, Gregoria bisa bentrok dengan Ratchanok Intanon.

Sementara, Komang Ayu harus memulai Kejuaraan Asia dari kualifikasi. Komang berada di Grup B berhadapan dengan Fathimath Nabaha Abdul Razzaq (Maladewa) dan Kamila Smagulova (Kazakhstan).

"Kalau dilihat dari lawan-lawannya, tidak ada yang dibilang enteng. Saya berharap apa yang sudah mereka dapat di latihan bisa dibawa ke pertandingan nanti," ujar Indra.

3. Cedera Komang sudah pulih

Ujian Perdana Indra Wijaya: Kejuaraan Asia 2023Komang Ayu Cahya Dewi dalam Simulasi Piala Uber 2020 (Dok. IDN Times/PBSI)

Indra menegaskan, persiapan skuad tunggal putri berjalan tanpa kendala. Cedera yang dialami Komang Ayu pun sudah berangsur pulih.

"Kemarin, di tur Eropa kan Komang tidak pergi karena cedera. Tetapi, dua minggu ini sudah bagus latihannya dan berangsur pulih," kata Indra.

Baca Juga: Asa Rehan/Lisa Naik Podium di Kejuaraan Asia 2023

Baca Juga: 2 Ganda Djarum Ditempa Legenda Indonesia Jelang Kejuaraan Asia

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya