Viral, Kamboja Disebut Pakai Pemain Cabutan di SEA Games 2023

Chourng Meng diduga pemain asal China

Jakarta, IDN Times - Tim bulu tangkis Kamboja menjadi sorotan usai memenangkan nomor beregu campuran SEA Games 2023 Kamboja. Sosok Chourng Meng dicurigai merupakan pemain cabutan Kamboja yang ikut bertanding di Badminton Hall Morodok Techo, Phnom Penh.

Chourng Meng diduga merupakan atlet asal China. Chourng Meng dicurigai karena sangat mirip dengan sosok tunggal putri Negeri Tirai Bambu, Zhou Meng.

Namun, hingga berita ini dituliskan, belum ada klarifikasi dari tim Kamboja maupun dari Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) soal sosok Chourng Meng.

Baca Juga: Zohri dan Sudirman Hadi Raih Medali Emas Estafet SEA Games Kamboja

1. Viral di media sosial dan menimbulkan kecurigaan

Viral, Kamboja Disebut Pakai Pemain Cabutan di SEA Games 2023Tunggal putri China, Zhou Meng (twitter.com/ferguzooooo)

Nama Chourng Meng viral di media sosial setelah diduga merupakan pemain China yang jadi pemain cabutan untuk memperkuat beregu campuran Kamboja.

Banyak disoroti warganet, gerak-gerik skuad Kamboja menambah kecurigaan. Sebab, setelah memenangkan nomor beregu campuran di partai kelima melawan wakil Myanmar, ramai beredar video menunjukkan Chourng Meng ditarik dari lapangan di tengah selebrasi bersama tim.

Kala itu, Chourng Meng turun bertanding di nomor ganda campuran bersama Sok Rikreay dan menang 21-19, 21-19 melawan pasangan Aung Myo Myo Htoo/Thet Htar Thuzar.

Bahkan, saat pengalungan medali, Chourng Meng tak tampak dalam barisan skuad tanpa alasan yang jelas.

2. Tak turun di nomor perorangan

Viral, Kamboja Disebut Pakai Pemain Cabutan di SEA Games 2023Podium beregu campuran SEA Games 2023 Kamboja (twitter.com/Badminton_Asia)

Chourng Meng tampil menjadi penentu kemenangan di nomor beregu campuran untuk Kamboja. Performanya juga terbilang krusial untuk tim sejak babak pertama.

Namun, di nomor perorangan, Chourng Meng justru tidak diturunkan. Kamboja menurunkan Phon Chenda dan Heang Leakhena di nomor tunggal putri, Bun Srey Hong/Kimloung Lim dan Chheng Huy/Seavty Teav di nomor ganda putri, serta Heng Mengleap/Bun Srey Hong dan Vannthoun Vath/Kimloung Lim di nomor ganda campuran.

Banyak penggemar bulu tangkis mempertanyakan, apakah Chourng Meng merupakan pemain naturalisasi di skuad Kamboja atau justru pemain cabutan.

3. Siapa itu Zhou Meng?

Viral, Kamboja Disebut Pakai Pemain Cabutan di SEA Games 2023Atlet bulu tangkis Kamboja, Chourg Meng (twitter.com/ferguzooooo)

Zhou Meng, yang dicurigai berganti nama menjadi Chourng Meng, merupakan pebulu tangkis putri muda China. Pada gelaran Kejuaraan Dunia Junior 2019, Zhou Meng sempat dikalahkan wakil Indonesia, Putri Kusuma Wardani dengan skor 21-18, 20-22, 21-14.

Dari laman BWF, Zhou Meng kini tak lagi memiliki catatan ranking dunia. Dia pernah mencapai ranking 214 sebagai capaian tertingginya sepanjang karier pada 11 Februari 2020 lalu.

BWF mencatat, Zhou Meng terakhir mengikuti turnamen di gelaran Malaysia International Challenge 2019 pada November 2019 lalu.

Sementara laman BWF tak mencatat apapun atas nama Chourng Meng.

Baca Juga: Raih Emas di SEA Games 2023, Beregu Putra Bawa Jersey Syabda Perkasa

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya