Wow! 3 Atlet Para-Panahan Indonesia Tembus Paralimpiade Paris 2024!

Wakili Merah-Putih di panggung Paralimpiade

Jakarta, IDN Times - Sebanyak tiga atlet para-panahan Indonesia dipastikan lolos ke ajang Paralimpiade Paris 2024. Kepastian ini diddapatkan setelah capaian manis para-panahan Indonesia di ajang Kejuaraan Dunia Para-Panahan di Pilsen, Republik Ceko pada 17-23 Juli 2023.

Trio atlet para-panahan tersebut yakni Kholidin dan Setiawan yang tampil di nomor recurve men open serta Ken Swagumilang berlaga di nomor compound men open. Ketiganya sukses memperbaiki peringkat mereka di daftar ranking dunia dan Asia sehingga mengamankan tiket Paralimpiade 2024.

Baca Juga: Profil David Jacobs yang Harumkan Indonesia di Paralimpiade

1. Kirim dua atlet dari nomor recurve men open

Wow! 3 Atlet Para-Panahan Indonesia Tembus Paralimpiade Paris 2024!Kholidin dan Setiawan yang tampil di nomor recurve men open Kejuaraan Dunia Para-Panahan 2023 (dok. NPC Indonesia)

Dalam ajang Kejuaraan Dunia Para-Panahan 2023 nomor recurve men open, Kholidin mampu menempati peringkat keenam dunia dan berada di peringkat ketiga Asia.

"Saya sangat senang bisa lolos dan membawa nama Indonesia melaju ke Paralimpiade 2024. Banyak pelajaran berharga yang bisa saya ambil dari kejuaraan ini," kata Kholidin dalam keterangan tertulis pada Jumat (21/7/2023).

Prestasi serupa juga diukir oleh Setiawan yang sukses memberi kejutan dengan mengalahkan mantan juara dunia, Eric Bennett dengan skor 6-4 di babak 24 besar. Namun, langkah atlet berusia 20 tahun itu terhenti di babak delapan besar dunia dan memastikan peringkat empat Asia dan memastikan tiket ke Paralimpiade 2024.

Baca Juga: Sederet Prestasi Indonesia Sepanjang Sejarah Paralimpiade

2. Ken Swagumilang menembus Paralimpiade Paris 2024

Wow! 3 Atlet Para-Panahan Indonesia Tembus Paralimpiade Paris 2024!Ken Swagumilang berlaga di nomor compound men open dalam ajang Kejuaraan Dunia Para-Panahan 2023 (dok. NPC Indonesia)

Sementara itu di nomor compound men open, Ken Swagumilang juga mengukir prestasi manis dengan menempati peringkat lima dalam kejuaraan dunia 2023 dan menempati ranking satu di Asia. Ken juga dipastikan akan mewakili Merah-Putih ke ajang Paralimpiade Paris 2024 mendatang.

“Alhamdulillah, diizinkan Allah untuk mendapatkan tiket ke Paralimpiade 2024. Saya cukup puas untuk event ini karena saya mampu menunjukan kemajuan, tetapi secara keseluruhan saya belum puas karena masih banyak yang harus diperbaiki,” ujar Ken Swagumilang.

3. Lebihi target dan siapkan mental pemain

Wow! 3 Atlet Para-Panahan Indonesia Tembus Paralimpiade Paris 2024!Indonesia loloskan tiga atlet para-panahan ke ajang Paralimpiade Paris 2024 (dok. NPC Indonesia)

Keberhasilan meloloskan tiga atlet ke Paralimpiade 2024 merupakan prestasi luar biasa bagi kontingen para-panahan Indonesia. Atlet Indonesia harus bersaing dengan 68 peserta dari total 55 negara di nomor recurve serta 83 peserta dari 55 negara di nomor compound.

Capaian ini melebihi target yang semula ditetapkan oleh tim Merah-Putih. "Awalnya kami hanye menargetkan meloloskan dua atlet ke Paris 2024 dari kejuaraa dunia ini, namun target itu mampu dilewati dengan meloloskan tiga atlet ke Paralimpiade tahun depan," kata pelatih para-panahan Indonesia, Idya Putra Harijanto.

Guna menambah jam terbang bertanding dan mengasah mental atlet, para-panahan Indonesia akan mengikuti serangkaian kejuaraan internasional. Selain akan tampil di Asian Para Games 2023 di Hangzhou, China. Selain itu, tim para-panahan juga akan tampil di Asian Para Championship Bangkok di bulan November mendatang dan tampil juga di ajang IWAS World Games Thailand di Desember dan Fazza World Championship di Maret 2024 mendatang.

Baca Juga: Polisi Gerebek Kantor Olimpiade 2024 Paris, Cium Aroma Korupsi

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya