Profil David Jacobs yang Harumkan Indonesia di Paralimpiade

David meninggal pada Jumat (28/4/2023)

Jakarta, IDN Times - Olahraga Indonesia sedang berduka setelah ditinggal salah satu atlet para tenis meja terbaiknya, David Jacobs. Dia megembuskan napas terakhirnya pada Jumat (28/4/2023).

Berita duka David diumumkan langsung di Instagram National Paralympic Committee (NPC) Indonesia. David berpulang pada usia 45 tahun, dengan meninggalkan segudang prestasinya untuk Indonesia.

1. Raih medali di Paralimpiade London 2012

Profil David Jacobs yang Harumkan Indonesia di ParalimpiadeAtlet para-tenis meja David Jacobs (Instagram.com/davidjacobs_tabletennis77)

Prestasi terbaik David diukir saat menjadi atlet Indonesia pertama yang meraih medali di Paralimpiade London 2012. Kala itu, David berhasil mengharumkan nama Indonesia lewat medali perunggunya saat turun pada kategori tingkat disabilitas paling rendah.

Medali perunggu itu didapat David usai menumbangkan atlet Spanyol, Jose Manuel Ruis Reyes di perebutan peringkat ketiga, dengan skor 11-9, 11-7, 11-5, dan 11-6.

Baca Juga: David Jacobs Torehkan Awal Manis di Paralimpiade Tokyo 2020

2. Kembali meraih medali di Paralimpiade Tokyo 2020

Profil David Jacobs yang Harumkan Indonesia di ParalimpiadeAtlet para-tenis meja David Jacobs (Instagram.com/davidjacobs_tabletennis77)

Penantian panjang dirasa David untuk kembali berprestasi di Paralimpiade. Pria bernama lengkap Dian David Mikaehl Jacobs itu baru mendapatkan medali lagi di Paralimpiade Tokyo 2020.

David turun pada kategori seperti di Paralimpiade London 2012. Medali perunggu kembali disabet David.

3. Raih Medali emas di Asian Games!

Profil David Jacobs yang Harumkan Indonesia di ParalimpiadeANTARA FOTO/Galih Pradipta

Sebelum meraih medali di Paralimpiade Tokyo 2020, David lebih dulu berpesta di Asian Para Games 2018. David berhasil meraih medali emas, ketika Indonesia sedang menjadi tuan rumah.

Medali emas itu didapat David bersama Komet Akbar di nomor ganda putra TT 10. Mereka mengalahkan ganda Korea Selatan, Shin Seung Weon/Jung Sukyon.

Selain itu, David juga meraih emas di nomor tunggal putra. Selamat jalan, David Jacob, terima kasih atas prestasi yang kau berikan untuk Indonesia!

Baca Juga: Atlet Para Tenis Meja David Jacobs Meninggal Dunia!

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya