5 Alumnus Alabama University yang Bermain di NBA Saat Ini

Pemain muda mendominasi daftar

Tim bola basket Alabama Crimson Tide dari University of Alabama tak memiliki prestasi yang cukup mentereng di NCAA. Torehan tertingginya selama ini adalah masuk delapan besar NCAA 2004.

Kendati demikian, University of Alabama cukup banyak mengirimkan pemainnya ke NBA. Hingga 2022, ada 33 nama alumnus Crimson Tide di sana. Namun, hanya ada lima alumnus Alabama University yang bermain di NBA saat ini.

1. JaMychal Green

5 Alumnus Alabama University yang Bermain di NBA Saat IniJaMychal Green (nba.com)

Alamnus Alabama Crimson Tide tertua yang masih aktif bermain di NBA saat ini adalah Jamychal Green. Power forward berusia 32 tahun ini cukup lama berada di tim Crimson Tide, yakni dari 2008 hingga ikut NBA Draft pada 2012.

Sayangnya, ia gagal terpilih pada gelaran tersebut. Ia sempat bermain di G League dan Liga Bola Basket Prancis sebelum bermain di NBA pada 2015 bersama San Antonio Spurs. Jamychal Green tak terlalu mentereng di NBA dan kerap bergonta-ganti tim.

2. Kira Lewis Jr

5 Alumnus Alabama University yang Bermain di NBA Saat IniKira Lewis Jr (nba.com)

Nama selanjutnya ialah Kira Lewis Jr yang telah berada di NBA sejak 2020. Pemain berposisi point guard ini sebelumnya bermain di tim Alabama Cramson Tide selama 2 tahun (2018—2020). Ia keluar setelah terpilih di urutan ke-13 oleh New Orleans Pelicans yang jadi timnya di NBA sekarang.

Selama berada di NBA, Kira Lewis tak begitu mentereng. Ia hanya berstatus sebagai pelengkap tim dalam 2 musim terakhir. Pada 2021/2022, Lewis Jr mengalami cedera yang mengakibatkannya hanya bermain dalam 24 laga.

Baca Juga: 5 Alumnus Arkansas University Terbaik yang Bermain di NBA Saat Ini 

3. Collin Sexton

5 Alumnus Alabama University yang Bermain di NBA Saat IniCollin Sexton (nba.com)

Cedera sangat mengganggu perjalanan karier Collin Sexton di NBA 2021/2022. Padahal Sexton tampil cukup baik selama 3 musim. Ia selalu jadi andalan Cleveland Cavaliers dan mampu menorehkan poin di atas rata-rata.

Pada musim lalu, ia hanya mencatat sebelas penampilan. Namun, jauh sebelum itu, Collin Sexton pernah membela Alabama Crimson Tide selama setahun (2017—2018). Penampilannya bersama tim kampus sukses membuatnya terpilih di urutan kedelapan oleh Cavaliers yang masih jadi timnya sekarang.

4. Joshua Primo

5 Alumnus Alabama University yang Bermain di NBA Saat IniJoshua Primo (nba.com)

Joshua Primo merupakan pemain termuda NBA pada 2021/2022. Shooting guard asal Kanada ini berada di Alabama Crimson Tide selama setahun sebelum terpilih di urutan ke-12 oleh San Antonio Spurs pada NBA Draft 2021.

Pada musim pertamanya, Primo gagal tampil mentereng. Ia hanya mencatat rata-rata 5,8 poin, 2,3 rebound, dan 1,6 assist per game. Catatan tersebut cukup masuk akal mengingat Primo masih sering bermain di G League untuk Austin Toros.

5. Herbert Jones

5 Alumnus Alabama University yang Bermain di NBA Saat IniHerb Jones (nba.com)

Herbert Jones satu angkatan di NBA Draft bersama Joshua Primo. Ia terpilih di urutan ke-35 oleh New Orleans Pelicans yang jadi timnya sekarang. Namun, dibandingkan dengan Primo, Herbert Jones lebih lama berada di tim Alabama Crimson Tide.

Pemain berposisi small forward tersebut berada di Alabama mulai pada 2017. Bahkan, secara performa, pada musim pertama di NBA, Herbert Jones lebih baik dari Primo. Dengan kemampuan bertahannya yang luar biasa, ia sukses masuk ke dalam NBA All-Rookie Second Team 2022.

Alabama Crimson Tide menyadari jika kualitas tim mereka kalah jauh dari Kansas Jayhawks, Duke Blue Devils, atau Kentucky Wildcats. Namun, mereka boleh berbangga karena pemain-pemain jebolan tim kampus bisa ke NBA.

Baca Juga: 5 Alumnus Maryland University Terbaik yang Bermain di NBA Saat Ini

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya