Comscore Tracker

5 Alumnus Florida University Terbaik yang Bermain di NBA Saat Ini

Tim yang disegani di ajang NCAA!

Tim Florida Gators dari Florida University pernah menguasai NCAA Divisi I pada pertengahan dekade 2000. Saat itu, mereka berhasil menjadi juara NCAA sebanyak dua kali, tepatnya pada 2006 dan 2007.

Kualitas pemain dari Florida Gators tentu tak bisa dianggap remeh. Meskipun tak lagi berjaya, alumnus Florida Gators mampu menembus NBA. Pada 2021/2022 ini, terdapat tujuh alumnus Florida Gators yang ada di NBA.

1. Udonis Haslem

5 Alumnus Florida University Terbaik yang Bermain di NBA Saat IniUdonis Haslem (nba.com)

Pebasket tertua NBA saat ini berasal dari Florida Gators. Dia adalah Udonis Haslem, power forward berusia 41 tahun. Sejak 2003, Haslem membela Miami Heat.

Udonis Haslem tidak terlalu mentereng sebagai pemain. Namun, dia pernah tiga kali meraih gelar juara NBA pada 2006, 2012, dan 2013. Sebelum bermain di NBA, Haslem pernah bermain di Florida Gators selama 3 tahun (1998—2002).

2. Al Horford

5 Alumnus Florida University Terbaik yang Bermain di NBA Saat IniAl Horford (bostonglobe.com)

Al Horford merupakan satu-satunya pemain aktif yang sempat berada pada masa emas Florida Gators. Saat berada di tim tersebut, dia menjadi pemain andalan bersama Joakim Noah, Corey Brewer, dan Taurean Green. Oleh karena itu, Horford berhasil terpilih pada urutan ketiga pada NBA Draft 2007.

Meski performanya tak sehebat saat masih muda, Al Horford sering kali merepotkan. Selama berada di NBA, center berkebangsaan Republik Dominika ini pernah masuk dalam All-NBA Team (2011), NBA All-Defensive Team (2018), dan lima kali mengikuti NBA All-Star Game. Saat ini, ia membela Boston Celtics.

Baca Juga: Bill Laimbeer, Center Menyebalkan yang Prestisius

3. Bradley Beal

5 Alumnus Florida University Terbaik yang Bermain di NBA Saat IniBradley Beal (nba.com)

Pemain bintang sekaligus andalan Washington Wizards, Bradley Beal, pernah bermain di Florida Gators sebelum masuk ke NBA. Beal membela tim bola basket Florida University selama setahun pada 2011/2012, sebelum terpilih pada NBA Draft 2012 di urutan ketiga.

Musim ini merupakan musim kesepuluh bagi Bradley Beal bersama Washington Wizards di NBA. Beal telah mengikuti tiga kali NBA All-Star Game dan terpilih masuk NBA All-Rookie First Team (2013) serta All-NBA Third Team (2021).

4. Dorian Finney-Smith

5 Alumnus Florida University Terbaik yang Bermain di NBA Saat IniDorian Finney-Smith

Dorian Finney-Smith merupakan small forward yang saat ini membela Dallas Mavericks. Sebelum masuk ke NBA, pemain yang akrab disapa Dori ini pernah tampil selama 3 tahun bersama Florida Gators, tepatnya pada 2013—2016.

Dorian Finney-Smith belum pernah sekali pun mendapatkan penghargaan individu. Penampilan terbaiknya selama 6 tahun membela Dallas Mavericks terjadi pada musim ini.  Ia mampu mencatatkan rata-rata 11 poin, 4,7 rebound, dan 1,9assist per game.

5. Tre Mann

5 Alumnus Florida University Terbaik yang Bermain di NBA Saat IniTre Mann (nba.com)

Tre Mann merupakan nama termuda sekaligus satu-satunya rookie dalam daftar ini. Tre Mann yang lahir di Gainesville, Florida, menghabiskan 2 tahun untuk bermain di Florida Gators sebelum ikut NBA Draft 2021.

Tre Mann terpilih di urutan ke-18 oleh Oklahoma City Thunder yang jadi timnya saat ini. Pada musim pertamanya, point guard berusia 21 tahun ini mampu mencatatkan rata-rata 10,4 poin, 2,9 rebound, dan 1,5assist per game.

Florida Gators merupakan salah satu tempat bagi para calon pemain bintang sebelum menjalani karier profesionalnya di NBA. Pada tahun ini, perlu diakui jika Bradley Beal memiliki performa terbaik, meskipun gagal membawa Washington Wizards menembus babak playoff.

Baca Juga: Maya Moore, Hiatus dari WNBA demi Advokasi Kasus Salah Tangkap

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya