5 Alumnus Wake Forest University Terbaik yang Main di NBA Saat Ini

Ada Chris Paul hingga John Collins

Tim Duncan merupakan salah satu legenda bola basket terbaik NBA. Berkat jasa besarnya, San Antonio Spurs pernah jadi tim yang sangat ditakuti. Tak heran jika banyak orang menyebutnya sebagai power forward terbaik dalam sejarah bola basket.

Sebelum bermain di NBA, pemain yang akrab disapa Timmy ini pernah berkuliah di Wake Forest University. Faktanya, banyak pemain hebat yang lahir dari universitas yang memiliki tim basket bernama Wake Forest Demon Deacons ini.

Telah ada total 33 nama alumnus Wake Forest Demon Deacons di NBA. Lima di antaranya masih aktif bermain di NBA saat ini.

Inilah lima alumnus Wake Forest University terbaik yang main di NBA saat ini.

1. James Johnson

5 Alumnus Wake Forest University Terbaik yang Main di NBA Saat IniJames Johnson (nba.com)

James Johnson merupakan salah satu small forward yang saat ini tergolong sebagai pemain veteran. Pria berusia 35 tahun ini pernah membela tim Wake Forest Demon Deacons selama 2 tahun (2007—2009) .

Pada NBA Draft 2009, ia terpilih di urutan ke-15 oleh Chicago Bulls. Namun, selama kariernya di NBA, James Johnson hanya dipandang sebagai pemain biasa saja. Ia tak terlalu mentereng, tetapi terkadang punya kontribusi besar.

Pada 2021/2022, James Johnson terakhir bermain untuk Brooklyn Nets. Ia kini sudah berusia 35 tahun. Entah akan bermain di mana musim depan.

2. Ish Smith

5 Alumnus Wake Forest University Terbaik yang Main di NBA Saat IniIsh Smith (nba.com)

Ish Smith merupakan pemain aktif yang paling sering bergonta-ganti tim di NBA. Sejak berkarier di NBA pada 2010, Smith telah membela tiga belas tim berbeda.

Pemain berposisi point guard ini terakhir kali membela Washington Wizards. Sementara, pada 2022/2023, ia akan membela Denver Nuggets.

Sebelum bermain di NBA, Ish Smith pernah berada di Wake Forest Demon Deacons selama 4 tahun (2006—2010). Sayangnya, ia gagal terpilih pada NBA Draft 2010.

Baca Juga: 10 Fakta Tim Duncan, Mantan Atlet Renang yang Jadi Legenda NBA

3. Chris Paul

5 Alumnus Wake Forest University Terbaik yang Main di NBA Saat IniChris Paul (nba.com)

Selain Tim Duncan, Chris Paul juga layak disebut sebagai legenda yang lahir dari tim Wake Forest Demon Deacons. Point guard berusia 37 tahun ini berada di Wake Forest selama 2 tahun, sebelum terpilih di urutan ke-4 pada NBA Draft 2005 oleh New Orleans Hornets.

Meski tak lagi muda, Chris Paul masih dipandang sebagai seorang point guard elite. Kemampuannya dalam playmaking dan passing jadi hal yang menonjol dari Chris Paul.

Sejauh ini, 12 kali keikutsertaannya pada NBA All-Star Game, 11 kali masuk All-NBA Team dan 9 kali masuk NBA All-Defensive Team merupakan segelintir prestasi yang telah ia dapat di NBA. Ia akan kembali bermain untuk Phoenix Suns pada 2022/2023 untuk mengejar gelar juara pertamanya.

4. John Collins

5 Alumnus Wake Forest University Terbaik yang Main di NBA Saat IniJohn Collins (nba.com)

John Collin adalah power forward muda yang punya gaya main yang eksplosif dan menghibur. Collins berada di tim Wake Forest Demon Deacons selama 2 tahun, sebelum akhirnya terpilih di urutan ke-19 pada NBA Draft 2017 oleh Atlanta Hawks.

Hingga kini, ia masih bermain untuk Atlanta Hawks. Hebatnya lagi, ia jadi salah satu pemain kunci dan andalan tim asal negara bagian Georgia ini.

Sejauh ini, prestasinya hanya terpilih sebagai NBA All-Rookie Second Team 2018. Ia akan kembali pada 2022/2023 dengan kekuatan tim yang baru.

5. Olivier Sarr

5 Alumnus Wake Forest University Terbaik yang Main di NBA Saat IniOliveir Sarr (nba.com)

Nama terakhir ialah Olivier Sarr, center berkebangsaan Prancis yang pada 2021/2022 bermain untuk Oklahoma City Thunder. Sarr pernah berada di tim Wake Forest Demon Deacons selama 3 tahun (2017—2020), sebelum pindah ke Kentucky Wildcats pada 2020.

Pada NBA Draft 2021, Sarr gagal terpilih oleh tim mana pun. Beruntung baginya karena Oklahoma City Thunder memberikannya kontrak. Pada musim pertamanya di NBA, Sarr mengumpulkan rata-rata 7 poin, 4,2 rebound, dan 0,9 assist per game.

Meski tak terlalu banyak mengirimkan pemain NBA, Wake Forest Demon Deacons menawarkan kualitas yang terbukti hebat. Tim Duncan, Chris Paul, John Collins, Josh Howard, dan Jeff Teague adalah buktinya.

Baca Juga: Chris Paul Jadi Pemain Pertama yang Tumbang 5 Kali setelah Unggul 2-0

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya