5 EuroBasket MVP dalam 5 Edisi Terakhir, Pau Gasol 2 Kali!

Pau Gasol pensiun baru-baru ini

Pertandingan antara Spanyol dan Bulgaria pada 1 September 2022 menjadi laga pembuka FIBA EuroBasket 2022. Deretan pemain hebat dari negara-negara Eropa siap berjuang untuk kebanggaan negara mereka.

Juara jelas menjadi target utama para pemain dan negara peserta. Di samping itu, gelar FIBA EuroBasket MVP 2022 akan jadi prestasi khusus yang dikejar oleh beberapa pemain bintang.

Pemain-pemain hebat pernah tercatat sebagai pemenang MVP. Untuk mengetahui siapa saja EuroBasket MVP dalam lima edisi terakhir, simak artikel ini, ya!

1. Pau Gasol (2009)

5 EuroBasket MVP dalam 5 Edisi Terakhir, Pau Gasol 2 Kali!Pau Gasol (nba.com)

Nama MVP pertama dalam lima edisi terakhir adalah Pau Gasol, center asal Spanyol yang sukses membawa negaranya menjadi juara FIBA EuroBasket 2009. Pau Gasol yang kala itu masih membela Los Angeles Lakers bermain sangat apik ketika membawa Spanyol menjadi juara dengan rekor 7 kemenangan dan 2 kekalahan.

Ia menorehkan rataan 18,7 poin, 8,3 rebound, dan 1,2 assist per game. Penampilannya pada FIBA EuroBasket 2009 membuatnya menjadi pemuncak rataan poin dan blok. Kala itu, Pau Gasol mengalahkan kandidat MVP lain, seperti Milos Teodosic, Vassilis Spanoulis, dan rekan senegaranya, Rudy Fernandez.

2. Juan Carlos Navarro (2011)

5 EuroBasket MVP dalam 5 Edisi Terakhir, Pau Gasol 2 Kali!Juan Carlos Navarro (fiba.basketball)

Gelar juara FIBA EuroBasket 2011 kembali dimenangi Spanyol. Setelah mengalahkan Serbia di final 2009, untuk kesempatan kali ini, Spanyol sukses menekuk Prancis di laga final dengan skor 98-85.

Meski tak memuncaki satu pun perolehan statistik, Juan Carlos Navarro yang membela Barcelona sukses terpilih menjadi FIBA EuroBasket MVP 2011. Dengan perolehan 18,7 poin, 1,5 rebound, dan 3assist per game, ia mengalahkan Tony Parker, Bo McCalebb, dan Pau Gasol dalam perebutan MVP.

Baca Juga: Los Angeles Lakers Akan Pensiunkan Nomor 16 Milik Pau Gasol

3. Tony Parker (2013)

5 EuroBasket MVP dalam 5 Edisi Terakhir, Pau Gasol 2 Kali!Tony Parker (nba.com)

Setelah dikalahkan Spanyol 2 tahun sebelumnya, Prancis akhirnya menjadi juara FIBA EuroBasket pada 2013. Sebagai point guard andalan mereka, ia terpilih menjadi FIBA EuroBasket MVP dengan rataan 19 poin, 2,1 rebound, dan 3,3assist per game.

Catatan tersebut membawa Parker yang kala itu membela San Antonio Spurs menjadi top scorer EuroBasket. Marc Gasol, Bojan Bogdanovic, dan Linaz Kleiza menjadi deretan pemain yang dikalahkan Parker dalam perebutan ini.

4. Pau Gasol (2015)

5 EuroBasket MVP dalam 5 Edisi Terakhir, Pau Gasol 2 Kali!Pau Gasol (fiba.basketball)

FIBA EuroBasket 2015 menjadi kali kedua Pau Gasol memenangi gelar MVP. Gasol yang kala itu bermain untuk Chicago Bulls ini sukses membawa Spanyol menjadi juara setelah mengalahkan Lithuania pada babak final.

Untuk kesempatan kali ini, Gasol sukses menyingkirkan Jonas Valanciunas, Nando de Colo, dan Sergio Rodriguez. Ia juga kembali dengan perolehan poin yang tinggi dengan rataaan 25,6 poin per game dan blok sebesar 2,3 blok per game.

5. Goran Dragic (2017)

5 EuroBasket MVP dalam 5 Edisi Terakhir, Pau Gasol 2 Kali!Goran Dragic (nba.com)

Gelaran EuroBasket 2017 memberi kejutan besar. Slovenia yang berstatus sebagai tim kuda hitam akhirnya keluar sebagai juara pada akhir turnamen setelah mengalahkan Serbia pada babak final dengan skor 93-85.

Kapten tim Slovenia yang kala itu masih membela Miami Heat, Goran Dragic, keluar sebagai MVP. Ia sukses mencatatkan 22,6 poin, 4,4 rebound, dan 5,1assist per game untuk mengalahkan kandidat lain, seperti Pau Gasol, Bogdan Bogdanovic, dan Luka Doncic.

Perebutan gelar FIBA EuroBasket 2022 dan MVP akan makin panas melihat beberapa pemain bintang yang siap berlaga. Nama-nama besar seperti Giannis Antetokounmpo, Luka Doncic, dan Domantas Sabonis siap tebar pesona dalam turnamen basket terbesar antarnegara Eropa ini.

Baca Juga: 5 Lapangan Basket NBA Paling Populer, Ada Markas Duo New York!

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya