Mengulas Kekuatan Sixers dari Kombinasi Joel Embiid dan James Harden

Akankah duet baru Sixers membuahkan gelar juara?

Pertukaran pemain Philadelphia 76ers dan Brooklyn Nets melibatkan dua bintang, Ben Simmons dan James Harden. Kedua klub NBA melakukan pertukaran itu menjelang tenggat pertukaran pada 12 Februari lalu. Pertukaran tersebut lantas menciptakan era baru bagi kedua klub.

Kedatangan Harden ke Philadelphia termasuk salah satu yang banyak diinginkan, baik oleh penggemar, manajemen, maupun pemain bola basket. Pasalnya, Sixers sangat membutuhkan tenaga tambahan setelah Ben Simmons tidak mau lagi bermain untuk klub Pennsylvania tersebut.

1. Laga pertama James Harden dan Philadelphia 76ers melawan Minnesota Timberwolves

Setelah menunggu beberapa waktu, laga pertama James Harden dan Joel Embiid bersama Philadelphia 76ers terjadi juga. Mereka saat itu mesti menghadapi Minnesota Timberwolves pada 26 Februari 2022. Dari laga tersebut, tampak ada sesuatu yang berbeda.

Sixers tampil lebih dominan dan lebih menghibur. Mereka mampu mengalahkan tuan rumah dengan skor akhir 133-102. Pada laga pertamanya bersama Philadelphia 76ers, James Harden tampil impresif dan dinobatkan sebagai pemain terbaik.

Sebagai seorang shooting guard, Harden mampu mencatatkan 27 poin, 8 rebound, dan 12 assist dari total 35 menit. Sedangkan, Joel Embiid menorehkan 34 poin, 10 rebound, dan 3 assist. Torehan tersebut menjadi kontribusi yang sangat baik bagi kombinasi bintang baru Philadelphia 76ers.

2. Joel Embiid bahagia karena sangat terbantu dengan adanya James Harden

Hasil positif Sixers pada laga tersebut menciptakan kebahagiaan kepada setiap pemain, termasuk Joel Embiid. Sebagai seorang pemain bintang yang mendambakan duet sepadan, center berkebangsaan Kamerun ini sangat terbantu dengan kehadiran Harden.

Dalam sebuah wawancara kepada NBC Sports, Joel Embiid mengungkapkan bahwa laga pertamanya bersama Harden menjadi waktu terbaik dalam kariernya. Mereka bisa mencetak angka dengan penjagaan yang lebih terbuka.

Dengan kehadiran James Harden dan kemampuannya untuk mencetak tiga angka, secara otomatis penjagaan lawan lebih berfokus kepada Harden. Hal tersebut membuat Embiid sering luput dan dapat mencetak angka dengan mudah.

Baca Juga: Langsung Panas, James Harden Cetak Double-double di Laga Debutnya

3. Suasana ruang ganti yang lebih menyenangkan

Kedatangan Harden juga menciptakan suasana yang lebih positif bagi pemain lain di ruang ganti. Sebagai pemain senior berlabel bintang, Harden sangat senang berbagi ilmu kepada pemain lainnya, terutama pemain muda.

Harden mengajari beberapa pemain untuk melakukan gerakan khasnya, stepback. Dia juga dikenal sebagai pribadi yang menyenangkan.

Kehadirannya membuat suasana ruang ganti Sixers lebih menyenangkan daripada sebelumnya. Pasalnya, ruang ganti mereka sempat canggung ketika Ben Simmons menolak untuk bermain bersama Sixers.

4. Potensi munculnya bintang ketiga

Mengulas Kekuatan Sixers dari Kombinasi Joel Embiid dan James HardenMatisse Thybulle (nba.com)

Duet antara Joel Embiid dan James Harden akan sangat diwaspadai. Asumsi ini memungkinkan pemain lain untuk bisa tumbuh dan menjadi senjata ketiga bagi Philadelphia 76ers.

Hal tersebut tampak pada laga kontra Minnesota Timberwolves. Perhatian memang tertuju kepada James Harden dan Joel Embiid. Namun, Tyrese Maxey diam-diam unjuk gigi dengan torehan 28 poin, 2 rebound, dan 2 assist.

Mungkin saja ada pemain lain yang akan berkembang dan menjadi bintang pada setiap laga. Contohnya saja Matisse Thybulle dan Furkan Korkmaz.

5. Kemungkinan terburuk yang bisa terjadi

Mengulas Kekuatan Sixers dari Kombinasi Joel Embiid dan James HardenChris Paul dan James Harden saat berseragam Houston Rockets (nba.com)

Salah satu pekerjaan rumah yang saat ini harus dilakukan oleh Doc Rivers selaku pelatih Philadelphia 76ers ialah menjaga keharmonisan dua bintangnya tersebut. Bukan sebuah hal yang mudah untuk menyatukan Joel Embiid dan James Harden yang berstatus pemain bintang dan sosok yang dominan.

Doc Rivers harus bisa memberikan porsi secara adil dan mengatasi ego dari kedua pemain tersebut. Apalagi, James Harden memiliki track record buruk ketika dipasangkan dengan pemain bintang lain.

Salah satu konflik yang cukup terkenal antara Harden dan mantan rekan setimnya ialah saat membela Houston Rockets. Kala itu, Harden pernah berselisih dengan Chris Paul pada laga playoff 2019. Selain itu, Harden juga merasa kurang puas dengan perannya saat membela Brooklyn Nets yang dirasa membuat performanya menurun.

 

Kombinasi antara Joel Embiid dan James Harden akan menjadi salah satu duet paling berbahaya di NBA. Pertanyannya, mampukah kedua pemain bintang ini membawa Sixers menjadi juara NBA dalam waktu dekat?

 

 

Sumber :

https://www.nbcsports.com/philadelphia/sixers/james-harden-sixers-debut-joel-embiid-nba-sixers-win-timberwolves

https://www.sportingnews.com/ca/nba/news/houston-rockets-james-harden-downplays-reports-of-tension-with-chris-paul-were-good/1q9y1rnstp6171l25pk7e5iimv

https://slate.com/culture/2022/02/james-harden-ben-simmons-trade-nba-passive-aggression.html

https://fadeawayworld.net/nba-media/james-harden-is-reportedly-frustrated-with-the-brooklyn-nets-he-came-to-brooklyn-expecting-to-be-part-of-a-three-headed-monster-yet-has-played-a-similar-role-to-what-was-required-of-him-in-houston

Baca Juga: 5 Fakta Saga Trade Nets dan 76ers, Libatkan James Harden

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya