5 Pemain Brasil di FIBA World Cup 2023 yang Pernah Main di NBA

Hanya Neto yang memiliki karier panjang di NBA

Di samping sepak bola, Brasil juga sangat kuat dalam urusan bola basket. Dari masa ke masa, mereka mampu menghasilkan pebasket-pebasket hebat, terutama yang berlaga di EuroLeague dan NBA.

Tak hanya itu, Timnas Brasil pun rutin ikut serta di ajang Olimpiade dan FIBA World Cup. Untuk FIBA World Cup 2023, mereka menyertakan lima mantan pebasket NBA ke dalam skuadnya. Mereka bukanlah pemain yang menonjol di NBA, tetapi bisa berkontribusi besar untuk negaranya.

Siapa sajakah pemain Brasil di FIBA World Cup 2023 yang pernah main di NBA?

1. Marcelo Huertas

5 Pemain Brasil di FIBA World Cup 2023 yang Pernah Main di NBAMarcelo Huertas (nba.com)

Marcelo Huertas tampaknya akan menjadi pemain tertua pada FIBA World Cup 2023 nanti. Sebab, tahun ini, pemain yang berposisi sebagai guard ini telah menginjak usia 40 tahun. Kendati demikian, perannya sangat berarti bagi Timnas Brasil.

Huertas sendiri merupakan pebasket penuh pengalaman. Di luar negaranya, Huertas pernah bermain di Liga ACB Spanyol, Lega Basket Serie A Italia, dan NBA. Momen Huertas berkarier di NBA terjadi selama 2 tahun pada 2015--2017. Kala itu, Huertas tak begitu gemilang bersama Los Angeles Lakers.

2. Didi Louzada

5 Pemain Brasil di FIBA World Cup 2023 yang Pernah Main di NBADidi Louzada (nba.com)

Didi Louzada masih berada di ruang lingkup NBA meski sebenarnya membela tim G League, Cleveland Charge. Louzada bermain di NBA sejak 2019 dan pernah membela tim NBA serta G League. Sayang, karier Louzada di NBA tak begitu mentereng.

Hingga akhir musim 2022/2023 lalu, Louzada baru mencatatkan 12 pertandingan bersama 2 tim berbeda, yakni New Orleans Pelicans (2021--2022) dan Portland Trail Blazers (2022). Kendati gagal bersinar, Louzada tetap dibutuhkan Timnas Brasil. Kemampuannya diyakini lebih unggul dibanding pemain Brasil lain yang menjadi starter dan bermain bersama tim bola basket asal Negeri Samba.

Baca Juga: 10 Pemain NBA yang Membela Timnas Kanada di FIBA World Cup 2023

3. Cristiano Felicio

5 Pemain Brasil di FIBA World Cup 2023 yang Pernah Main di NBACristiano Felicio (nba.com)

Cristiano Felicio merupakan bigman serbabisa yang mampu bermain apik di posisi power forward dan center. Kehadirannya di FIBA World Cup 2023 mendatang seharusnya akan banyak berpengaruh bagi Timnas Brasil. Pemain Coviran Granada ini layak untuk dibawa Gustavo de Conti, pelatih Timnas Brasil).

Beberapa tahun sebelumnya, atau tepatnya pada 2015--2021, Felicio pernah bermain di NBA bersama Chicago Bulls. Perannya di tim asal Illinois tersebut tak terlalu vital. Ia lebih sering bermain sebagai opsi pelapis atau bahkan dikirim ke G League.

4. Bruno Caboclo

5 Pemain Brasil di FIBA World Cup 2023 yang Pernah Main di NBABruno Caboclo (nba.com)

Bruno Caboclo pernah bermain untuk tiga tim NBA sebelum berkarier di Lega Basket Serie A seperti sekarang. Pria kelahiran Osasco ini membela Toronto Raptors (2014--2018), Sacramento Kings (2018), dan Memphis Grizzlies (2019--2020). Sayangnya, Caboclo tak bisa menonjol bersama ketiga tim tersebut.

Walaupun begitu, Caboclo tetap menjadi kunci kala bermain di Timnas Brasil. Caboclo tampaknya akan menjadi power forward utama di FIBA World Cup 2023 nanti. Performanya sangat layak untuk dinanti.

5. Raul Neto

5 Pemain Brasil di FIBA World Cup 2023 yang Pernah Main di NBARaul Neto (nba.com)

Raul Togni Neto masih malang melintang membela tim NBA sejak 2015. Pemain berposisi point guard ini pernah membela Utah Jazz, Philadelphia 76ers, Washington Wizards, dan Cleveland Cavaliers. Namun, hingga pertengahan Juli 2023, Neto belum menentukan pilihan masa depannya. Ia belum menandatangani kontrak bersama klub mana pun.

Kehadiran Neto di skuad Brasil sendiri tentu sangat membantu. Neto diprediksi akan menjadi bintang yang paling banyak menyumbang poin dan assist untuk negaranya di FIBA World Cup 2023 nanti. Sejauh ini, ia memang sering berperan sebagai opsi utama.

Brasil akan tergabung di Grup G bersama Pantai Gading, Iran, dan Spanyol. Aksi Timnas Brasil dan lima mantan pebasket NBA yang ada di skuadnya bisa disaksikan oleh penggemar bola basket Indonesia. Sebab, Grup G digelar di Indonesia Arena, Jakarta.

Baca Juga: 4 Pemain NBA yang Dipanggil Timnas Prancis untuk FIBA World Cup 2023

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya