5 Pemain NBA yang Membela Timnas Jerman di FIBA World Cup 2023

Dennis Schroder siap jadi pentolan

Timnas Jerman tampaknya telah siap tampil di FIBA World Cup 2023. Mereka tentu membawa pemain-pemain terbaik untuk bisa menjadi juara di turnamen ini. Dari 12 nama yang dibawa, ada 5 pemain Jerman yang bermain di NBA.

Sebagian dari lima nama tersebut sebetulnya bukan pemain kunci di timnya. Namun, mereka bisa menjadi pemain kunci ketika bermain di Timnas Jerman. Lalu, siapa sajakah lima pemain NBA yang membela Timnas Jerman di FIBA World Cup 2023?

1. Maxi Kleber

5 Pemain NBA yang Membela Timnas Jerman di FIBA World Cup 2023Maxi Kleber (nba.com)

Pada EuroBasket 2022 lalu, Maxi Kleber sempat absen membela Timnas Jerman karena cedera. Namun, ia telah tersedia dan siap untuk menjadi kekuatan utama negaranya pada FIBA World Cup 2023. Pemain yang bermain di Dallas Mavericks ini memang bisa diandalkan.

Kleber cukup kuat dalam menyerang meski kurang hebat dalam bertahan. Kendati demikian, ia bisa saja memecah kebuntuan dengan tembakan tiga poinnya yang cukup ciamik. Kleber telah membuktikannya kala bermain bersama Mavericks.

2. Dennis Schroder

5 Pemain NBA yang Membela Timnas Jerman di FIBA World Cup 2023Dennis Schroder (nba.com)

Untuk backcourt, Dennis Schroder telah dipercaya sebagai komandan. Pengalamannya bermain di NBA sejak 2013 membuat sang pemain dipercaya menjadi pentolan Timnas Jerman di tiap turnamen besar. Hal itulah yang kini diharapkan bisa terpancar dari Schroder kala bermain di FIBA World Cup 2023 nanti.

Schroder sendiri merupakan seorang playmaker yang hebat. Ia juga piawai dalam hal menyerang. Pemain yang terakhir kali bermain untuk Los Angeles Lakers ini tampaknya telah memegang posisi sebagai pemain utama.

Baca Juga: Gestur Menpora ke FIBA: Piala Dunia Basket 2023 Jadi, Ya!

3. Franz Wagner

5 Pemain NBA yang Membela Timnas Jerman di FIBA World Cup 2023Franz Wagner (nba.com)

Bersama Dennis Schroder, Franz Wagner tampaknya akan menjadi bintang utama Timnas Jerman di FIBA World Cup 2023 nanti. Permainan luar biasa yang ia tampilkan bersama Orlando Magic sangat mungkin menular kala bermain untuk Timnas Jerman. Dengan hal tersebut, starter tampaknya jadi jaminan untuknya.

Franz adalah masa depan Timnas Jerman dan digambarkan sebagai Dirk Nowitzki baru. Hal itu terlihat pada EuroBasket 2022 lalu di mana ia hadir sebagai penyumbang poin dan rebound utama untuk negaranya. Berkat peran besarnya itu, Jerman lolos hingga ke babak semifinal.

4. Moritz Wagner

5 Pemain NBA yang Membela Timnas Jerman di FIBA World Cup 2023Moritz Wagner (nba.com)

Moritz Wagner memang tak sehebat adiknya, Franz Wagner. Akan tetapi, ia bisa diandalkan pelatih Timnas Jerman, Gordon Herbert. Terlebih jika melihat performanya yang meningkat sejak membela Orlando Magic.

Moritz Wagner pun merupakan seorang pemain serbabisa. Ia bisa berperan sebagai seorang power forward dan center. Namun, untuk mendapatkan dua posisi itu, Moritz harus bersaing dengan tiga nama besar: Johannes Thiemann, Maxi Kleber, dan Daniel Theis.

5. Daniel Theis

5 Pemain NBA yang Membela Timnas Jerman di FIBA World Cup 2023Daniel Theis (nba.com)

Penampilan Daniel Theis pada 2022/2023 bersama Indiana Pacers sangat mengecewakan. Ia hanya mengumpulkan rata-rata 7 poin, 3,1 rebound, dan 1,3 assist dari 7 laga yang ia mainkan. Jumlah permainannya yang sedikit ini bisa jadi salah satu alasan untuk Gordon Herbert lebih memilih memasang Moritz Wagner.

Meski pada akhirnya terpilih sebagai starter di posisi center Jerman nanti, ia masih bisa dipercaya. Pemain kelahiran Kota Salzgitter ini sudah terbiasa menjadi pemain utama di negaranya sejak lama. Terlebih lagi, ia merupakan center inti Timnas Jerman pada EuroBasket 2022 lalu.

Meski memiliki deretan pemain hebat dari setiap generasi, Jerman belum pernah meraih juara di ajang FIBA World Cup. Prestasi tertingginya terjadi di FIBA World Cup 2002 ketika negara yang beribu kota di Berlin ini masih diperkuat Dirk Nowitzki. Dengan materi pemain yang ada sekarang, akankah Die Mannschaft meraih gelar juara pertamanya?

Baca Juga: FIBA: Venue Piala Dunia Basket 2023 Butuh Tes Event

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya