5 Point Guard Terbaik di EuroLeague 2022/2023, Ada Mantan Pemain NBA

Eropa juga punya kultur bola basket yang kuat

Sebagai pengatur ritme permainan dalam permainan bola basket, posisi point guard memiliki peranan yang sangat penting dalam permainan ini. Kreativitas dan kesabaran jadi beberapa aspek yang perlu dimiliki seorang point guard berkualitas.

Tak hanya di NBA, poin guard berkualitas juga hadir di kompetisi lain, seperti EuroLeague yang merupakan kompetisi bola basket terbesar di Eropa. Lalu, siapa sajakah point guard terbaik yang saat ini berlaga di EuroLeague?

1. Vasilije Micic

5 Point Guard Terbaik di EuroLeague 2022/2023, Ada Mantan Pemain NBAVasilije Micic tampil di gelaran EuroBasket 2022. (fiba.basketball)

Penghargaan point guard terbaik di EuroLeague 2022/2023 sepertinya layak disematkan kepada Visilije Micic. Pemain berkebangsaan Serbia ini telah bermain basket secara profesional sejak 2010 dan saat ini sedang membela Anadolu Efes.

Kehebatannya sangat terbukti dengan banyak gelar yang ia terima hingga usianya yang kini 28 tahun. Selama berkarier di EuroLeague, Micic pernah meraih 2 gelar juara EuroLeague, 2 kali EuroLeague Final Four MVP, dan menjadi EuroLeague MVP pada 2021.

2. Tomas Satoransky

5 Point Guard Terbaik di EuroLeague 2022/2023, Ada Mantan Pemain NBATomas Satoransky (fcbarcelona.com)

Setelah 5 tahun (2017—2022) berkarier di NBA, Tomas Satoransky memutuskan untuk kembali ke EuroLeague pada 2022/2023. EuroLeague merupakan kompetisi yang membesarkan namanya sebelum masuk NBA.

Pemain asal Republik Ceko ini kini berseragam Barcelona, tim yang pernah ia bela pada 2014—2016. Meski belum mendapatkan satu pun gelar juara maupun individu di EuroLeague, kemampuan Satoransky layak disebut sebagai salah satu yang terbaik di EuroLeague saat ini.

Baca Juga: 10 Potret Rokas Jokubaitis, Pemain Paling Potensial di EuroLeague

3. Mike James

5 Point Guard Terbaik di EuroLeague 2022/2023, Ada Mantan Pemain NBAMike James (euroleaguebasketball.net)

Mike James merupakan point guard berkebangsaan Amerika Serikat yang saat ini membela AS Monaco Basket. Saat gagal terpilih pada NBA Draft 2012, Mike James memutuskan untuk melanjutkan karier basketnya di Eropa bersama KK Zagreb. Karier itu juga membuatnya bisa bermain di NBA walau sebentar.

James kembali ke Eropa setelah kariernya di NBA mandek. Keputusan itu ternyata membawa kesuksesan. Sejak itu, ia mulai berkembang dan menjadi salah satu yang terbaik di Eropa. Selain mendapatkan beberapa gelar domestik, Mike James juga pernah terpilih masuk dalam All-EuroLeague Second Team (2019) dan All-EuroLeague First Team (2022).

4. Shane Larkin

5 Point Guard Terbaik di EuroLeague 2022/2023, Ada Mantan Pemain NBAShane Larkin tampil di gelaran EuroBasket 2022. (fiba.basketball)

Sama seperti Mike James, Shane Larkin juga berasal dari Amerika Serikat. Namun, sejak 2018, ia telah berkarier di Turki bersama Anadolu Efes sehingga mendapatkan tawaran untuk menjadi warga negara Turki.

Kesempatan tersebut akhirnya diambil oleh Shane Larkin. Di samping itu, kariernya bersama Anadolu Efes di EuroLeague memang cukup mentereng. Larkin pernah menjadi EuroLeague Finals Top Scorer (2019), masuk dalam All-EuroLeague First Team (2022), dan 2 kali menjadi juara EuroLeague (2021 dan 2022).

5. Kostas Sloukas

5 Point Guard Terbaik di EuroLeague 2022/2023, Ada Mantan Pemain NBAKostas Sloukas tampil di gelaran EuroBasket 2022. (fiba.basketball)

Jika menyebutkan salah satu pebasket terbaik asal Yunani, maka nama Kostas Sloukas sangat layak untuk masuk dalam daftar. Selain berprestasi di level timnas, ia juga punya catatan mentereng ketika bermain di level klub.

Ia pernah tiga kali menjadi juara EuroLeague (2012, 2013, dan 2017) bersama Olympiacos dan Fenerbahce, masuk dalam All-EuroLeague First Team (2019), dan EuroLeague Second Team (2022). Namun, Sloukas tak pernah merasakan karier di NBA hingga usianya yang telah menginjak 32 tahun.

Lima pemain di atas sedang mendapatkan permainan terbaiknya saat ini. Dengan posisinya sekarang, mereka layak disebut sebagai yang terbaik. Mungkin saja salah satu dari mereka bisa berlaga di NBA yang notabene merupakan kompetisi terbaik bola basket dunia.

Baca Juga: 10 Potret Edy Tavares, Center Paling Dominan di EuroLeague Saat Ini

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya