7 Stadion Terbesar di NBA, Madison Square Garden Salah Satunya!

Adakah markas dari tim favoritmu?

NBA telah tersohor sebagai kompetisi bola basket terbaik dunia. Ribuan pemain hebat dari segala penjuru pernah didatangkan ke sana. Mereka bermain apik di liga bola basket Amerika Serikat dan Kanada. Dengan popularitasnya sebagai kompetisi bola basket terbaik dunia, tak heran jika NBA bisa menarik banyak minat penonton.

Oleh karena itu, tim-tim NBA berlomba untuk memperbesar markas mereka untuk bisa menampung penggemar setianya. Per 2023, NBA memiliki 30 tim yang memiliki stadion besar. Lalu, tim mana sajakah yang memiliki stadion terbesar di NBA? Berikut inilah jawabannya!

1. United Center (Chicago Bulls)

7 Stadion Terbesar di NBA, Madison Square Garden Salah Satunya!United Centre (nba.com)

Stadion basket terbesar yang dimiliki tim NBA per Juli 2023 adalah United Center yang dimiliki Chicago Bulls. Stadion yang terletak di Chicago, Illinois, ini mulai diresmikan pada 1994 dan sempat direnovasi pada 2022. Oleh karena itu, mereka memiliki kapasitas 20.917 penonton. Selain dipakai Chicago Bulls, United Center juga sering dipakai tim hoki es, Chicago Blackhawks.

2. Quicken Loans Arena (Cleveland Cavaliers)

7 Stadion Terbesar di NBA, Madison Square Garden Salah Satunya!Quicken Loans Arena (nba.com)

Sama seperti United Center, Quicken Loans Arena yang menjadi markas Cleveland Cavaliers juga resmi dibuka pada 1994. Stadion yang berada di Cleveland, Ohio, ini pernah berganti nama beberapa kali, dari Gund Arena (1994--2005), Quicken Loans Arena (2005--2019), dan Rocket Mortgage FieldHouse (2019--sekarang). Meski sekarang bernama Rocket Mortgage FieldHouse, stadion berkapasitas 20.562 penonton ini lebih dikenal dengan nama Quicken Loans Arena.

3. Little Caesars Arena (Detroit Pistons)

7 Stadion Terbesar di NBA, Madison Square Garden Salah Satunya!Little Caesars Arena (nba.com)

Masih dari tim dari Wilayah Timur NBA, kali ini ada Little Caesars Arena, stadion yang menjadi markas Detroit Pistons. Stadion yang terletak di Detroit, Michigan, ini kembali didirikan pada 2017 setelah sempat dihancurkan pada 2014. Little Caesars Arena sendiri memiliki kapasitas 20.491 penonton untuk pertandingan basket.

Baca Juga: 5 Bintang NBA yang Memutuskan Re-sign, Draymond Green Urung Pindah!

4. Capital One Arena (Washington Wizards)

7 Stadion Terbesar di NBA, Madison Square Garden Salah Satunya!Capital One Arena (nba.com)

Stadion kebanggaan Washington Wizards, Capital One Arena, juga masuk ke dalam daftar stadion terbesar di NBA. Capital One Arena memiliki kapasitas 20.356 penonton untuk pertandingan bola basket. Stadion yang berada di ibu kota Amerika Serikat ini telah dibangun sejak 1997, setelah sempat dihancurkan pada 1995.

5. Wells Fargo Center (Philadelphia 76ers)

7 Stadion Terbesar di NBA, Madison Square Garden Salah Satunya!Wells Fargo Center (twitter.com/WellsFargoCtr)

Nama selanjutnya ialah Wells Fargo Center yang memiliki kapasitas 20.328 penonton. Stadion ini merupakan markas besar dari Philadelphia 76ers yang terletak di kota Philadelphia, Pennsylvania. Wells Fargo Center didirikan sejak 1996 dan aktif menggelar pertandingan bola basket, hoki es, dan indoor american football. 

6. Moda Arena (Portland Trail Blazers)

7 Stadion Terbesar di NBA, Madison Square Garden Salah Satunya!Moda Center (nba.com)

Satu-satunya stadion dari wilayah barat yang masuk ke dalam daftar ini adalah Moda Arena, Portland, Oregon. Stadion yang menjadi markas besar dari Portland Trail Blazers ini memiliki kapasitas 19.980 penonton per Juli 2023. Angka tersebut merupakan hasil dari empat kali renovasi yang terjadi sejak 1995.

7. Madison Square Garden (New York Knicks)

7 Stadion Terbesar di NBA, Madison Square Garden Salah Satunya!Madison Square Garden (nba.com)

New York terkenal sebagai kota yang memiliki pasar terbesar di Amerika Serikat. Di kota inilah berdiri Madison Square Garden yang menjadi markas besar dari New York Knicks. Stadion yang didirikan pada 1925 ini memiliki kapasitas 19.812 penonton untuk bola basket. Selain untuk bola basket, Madison Square Garden pun kerap dipakai untuk pertandingan hoki es, gulat, tinju, dan konser musik.

Dalam daftar ini, stadion yang dimiliki oleh tim yang berasal dari wilayah timur cukup mendominasi. Hal ini cukup masuk akal karena pusat pemerintahan dan pusat ekonomi Amerika Serikat cenderung berada di wilayah timur. Kota-kota yang menjadi markas tim NBA yang ada di wilayah ini memiliki pasar yang lebih besar.

Baca Juga: 9 Pemain NBA yang Pensiun pada 2022/2023, Jadi Legenda?

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya