5 Tim Terakhir yang Menjadi Juara EuroLeague, Ada Real Madrid!

Anadolu Efes dan Real Madrid cukup mendominasi

Jika dihitung dari 1958, terdapat 26 tim yang pernah menjuarai EuroLeague. Real Madrid (10) dan CSKA Moscow (8) menjadi tim paling sering juara di kompetisi bola basket terbesar di Eropa ini.

Dalam beberapa edisi terakhir, terdapat beberapa tim yang memang mendominasi. Namun, tim mana sajakah yang terakhir kali menjadi juara EuroLeague?

1. Anadolu Efes

5 Tim Terakhir yang Menjadi Juara EuroLeague, Ada Real Madrid!Anadolu Efes (anadoluefessk.org)

Anadolu Efes berhasil meraih gelar juara EuroLeague dalam 2 musim terakhir. Tim asal Turki ini cukup mendominasi dengan menjuarai EuroLeague 2020/2021 dan 2021/2022.

Pada 2020/2021, Barcelona menjadi korban mereka. Sedangkan, pada musim berikutnya, Real Madrid Baloncesto mendapatkan giliran. Dua gelar tersebut jadi catatan terbaik Anadolu Efes dalam sejarah EuroLeague.

2. CSKA Moscow

5 Tim Terakhir yang Menjadi Juara EuroLeague, Ada Real Madrid!PBC CSKA Moscow (euroleaguebasketball.net)

Pada 2018/2019, Anadolu Efes sebetulnya bisa menjadi juara EuroLeague. Akan tetapi, mereka dikalahkan CSKA Moscow di final. Selain pada musim tersebut, CSKA Moscow juga juara pada 2015/2016.

Pada 2022/2023 ini, CSKA Moscow tak ikut serta pada gelaran EuroLeague. Hal ini berhubungan dengan sanksi Eropa terhadap Rusia dan segala aspek kehidupan di negara pecahan Uni Soviet ini.

Baca Juga: 10 Pebasket dengan Penampilan Terbanyak dalam Sejarah EuroLeague

3. Real Madrid

5 Tim Terakhir yang Menjadi Juara EuroLeague, Ada Real Madrid!Real Madrid Baloncesto (realmadrid.com)

Dari musim ke musim, Real Madrid Baloncesto selalu memiliki deretan pemain hebat. Tak heran jika tim asal Spanyol ini memiliki koleksi gelar juara terbanyak dalam sejarah EuroLeague.

Musim 2017/2018 menjadi musim terakhir Real Madrid juara EuroLeague. Kala itu, mereka sukses mengalahkan Fenerbahce. Sekitar 3 musim sebelumnya, tepatnya pada 2014/2015, Real Madrid sukses menundukkan Olympicos.

4. Fenerbahce

5 Tim Terakhir yang Menjadi Juara EuroLeague, Ada Real Madrid!Fenerbahce (eurohoops.net)

Meski pernah gagal dalam dua edisi final EuroLeague, Fenerbahce juga pernah sekali keluar jadi juara. Momen tersebut terjadi pada EuroLeague 2016/2017. Bertempat di Istanbul, Fenerbahce sukses membekuk Olympiacos dengan skor 80-64.

Kala itu, Fenerbahce diperkuat beberapa pemain hebat, seperti Bogdan Bogdanovic, Ekpe Udoh, Kostas Sloukas, dan Jan Vesely. Kemenangan tersebut jadi satu-satunya keberhasilan Fenerbahce meraih gelar juara.

5. Maccabi Tel Aviv

5 Tim Terakhir yang Menjadi Juara EuroLeague, Ada Real Madrid!Maccabi Tel Aviv (eurohoops.net)

Di bawah dominasi CSKA Moscow dan Real Madrid, Maccabi Tel Aviv membuntuti mereka. Tim asalah Israel ini terhitung 15 kali masuk final dengan catatan 6 kali menjadi juara pada akhirn musim.

Kali terakhir Maccabi Tel Aviv menjadi juara ialah pada edisi 2013/2014. Melalui babak overtime, Maccabi Tel Aviv akhirnya bisa menundukan Real Madrid dengan skor 98-86.

Pemain-pemain hebat dan legasi yang kuat jadi alasan tim-tim ini bisa menjadi juara EuroLeague. Pada 2022/2023 ini, Olympiacos, Real Madrid, AS Monaco, dan Barcelona menjadi tim yang cukup kuat. Akankah salah satu dari mereka menjadi juara?

Baca Juga: 5 Pemain NBA yang Pindah ke EuroLeague pada Pertengahan Musim

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya