Atlet Rusia dan Belarus Ramaikan Asian Games 2023

Tapi, ada syarat yang harus dipenuhi oleh Rusia dan Belarus

Jakarta, IDN Times - Komite Olimpiade Asia (OCA) memberikan lampu hijau kepada lebih dari 500 atlet Rusia dan Belarus untuk ikut dalam Asian Games 2023. Mereka diperbolehkan berkompetisi, demi bersaing menuju Olimpiade 2024, Paris.

Memang, sejak pemerintah Rusia menginvasi Ukraina 2022 lalu, atlet Rusia dan Belarus terkena dampaknya. Mereka harus menanggung sanksi dikucilkan dari pentas internasional dan tak bisa berlaga di sejumlah turnamen resmi, yang membuat peluang lolos Olimpiade 2024 menipis.

1. Ada syaratnya

Atlet Rusia dan Belarus Ramaikan Asian Games 2023The New York Times/Doug Mills

Keikutsertaan atlet Rusia dan Belarus dalam Asian Games ada syaratnya. Mereka harus berlaga di bawah panji bendera netral.

Selain itu, mereka juga tidak akan mengganggu kuota atlet Asia dengan tidak dibolehkan merebut medali dalam Asian Games. Jika ada yang merebut medali, maka jatahnya diberikan kepada atlet Asia di bawahnya.

"Mereka tidak akan mengganggu sistem medali atau kuota Asia untuk Olimpiade" kata Presiden Interim OCA, Randir Singh, dilansir Malay Mail.

Baca Juga: China Turunkan Pebulu Tangkis Terbaik di Asian Games 2023

2. Angin segar buat atlet Rusia dan Belarus

Atlet Rusia dan Belarus Ramaikan Asian Games 2023logo Olimpiade Paris 2024 (olympics.com)

Tentunya, izin dari OCA menjadi angin segar buat 500 atlet Rusia dan Belarus. Mereka sangat membutuhkan poin dalam Race To Olympic yang sudah digelar sejak akhir kuartal I 2023.

Memang, sebelumnya IOC menyarankan kepada atlet Rusia dan Belarus main di Asian Games dengan status atlet netral. Sebab, mereka susah berlaga di Eropa karena sering ditlak.

3. Eropa dan Amerika Serikat terus menolak

Atlet Rusia dan Belarus Ramaikan Asian Games 2023Bendera Uni Eropa dan beberapa bendera anggota dari Uni Eropa. (Pixabay.com/Dusan_Cvetanovic)

Keputusan OCA sebenarnya tak lantas mendapat sambutan positif. Otoritas olahraga di Eropa dan Amerika Serikat sempat menentang ide tersebut, karena membuka peluang atlet Rusia serta Belarus berlaga di Olimpiade 2024 nanti.

Tapi, IOC kembali menjamin, atlet Rusia dan Belarus yang main di Olimpiade 2024 nanti akan main dengan panji netral serta tak boleh membawa muatan politik.

Baca Juga: Ada AFF U-23 dan Asian Games, Liga 1 2023/24 Jalan Terus

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya